ANALISIS ORGANOLOGI DAN TEKNIK PERMAINAN ALAT MUSIK TRADISIONAL KECAPI KALIMANTAN TENGAH

Penulis

  • Tambuleng
  • Jimy Oktolongere Andin Universitas Palangka Raya
  • Iwan Pranoto Universitas Palangka Raya
  • Intan Kamala Universitas Palangka Raya
  • Ichyatul Afrom Universitas Palangka Raya
  • Yuliati Eka Asi Universitas Palangka Raya
  • Alan Budikusuma

Kata Kunci:

Organologi, Teknik Permainan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan organologi (bagian-bagian) dan teknik permainan alat musik tradisional Kecapi Kalimantan Tengah. Organologi yang meliputi bahan dasar pembuatan instrumen, bagian-bagian instrumen, dan proses produksi suara pada instrumen Kecapi. Teknik permainan instrumen Kecapi meliputi posisi tubuh, teknik picking, teknik hammer-on, teknik pull-of, teknik slide, dan penerapan tablature gitar pada instrumen Kecapi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif pengumpulan data diperoleh dari dokumentasi (alat perekam, literatur, kamera), observasi, dan wawancara. Keabsahan data diperoleh melalui prosedur triangulasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Organologi meliputi, (a) bahan dasar instrumen dengan menggunakan berbagai macam kayu dan yang paling umum menggunakan kayu Perupuk, Gerunggang, dan Jelutung, (b) bentuk instrumen Kecapi menyerupai besei (alat pengayuh sampan), tidak ada patokan dalam ukuran instrumen, (c) bagian-bagian instrumen Kecapi terdibri dari Pinding Kecapi (tuning), Senta depan (nut), gandar (leher/fingerboard), tangkup (penutup bagian badan Kecapi), lubang resonansi, Senta belakang (bridge), dan dawai, (d) instrumen Kecapi menggunakan skala minor pentatonic (minor pentatonik). 2) Teknik permainan instrumen Kecapi meliputi, (a) instrumen Kecapi dimainkan dengan duduk bersila atau duduk diatas kursi, (b) teknik penjarian menggunakan teknik hammer-on, teknik pull-of, dan teknik slide, (c) teknik memetik menggunakan teknik picking, (d) penerapan tablature gitar pada instrumen Kecapi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-12-23

Cara Mengutip

Tambuleng, Andin, J. O., Iwan Pranoto, Intan Kamala, Ichyatul Afrom, Yuliati Eka Asi, & Alan Budikusuma. (2020). ANALISIS ORGANOLOGI DAN TEKNIK PERMAINAN ALAT MUSIK TRADISIONAL KECAPI KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 1(1). Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/2047

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama