GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM NOVEL CEWEK KATROPOLITAN KARYA ADE JAYADIREJA DAN IMPLIKASI PADA PEMBELAJARAN DI SMA

Penulis

  • Detia Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v3i1.4949

Kata Kunci:

Gaya Bahasa, Novel, dan Implikasi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan apa sajakah yang digunakan dalam novel Cewek Katropolitan Karya Ade Jayadireja, (2) Mendeskripsikan implikasi gaya bahasa perbandingan dalam novel Cewek Katropolitan Karya Ade Jayadireja pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Sumber data yang digunakan adalah novel Cewek Kayropolitan karya Ade Jayadireja. Wujud data berupa tuturan dalam novel Cewek Katropolitan karya Ade Jayadireja yang mengandung gaya bahasa perbandingan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Jenis gaya bahasa perbandingan pada novel Cewek Katropolitan Karya Ade Jayadireja ditemukan sebanyak 44 data, yaitu: (a) perumpamaan 3 data, (b) metafora  6 data, (c) antitesis  3 data, (d) pleonasme dan tautalogi 16 data, (e) perifrasis 1 data (f)antisipasi atau prolepsi 10 data, (g) koreksio atau eparnotosis 5 data. 2) Implikasi gaya bahasa perbandingan nove Cewek Katropolitan karya Ade Jayadireja dalam pembelajaran sastra Indonesia kelas XII pada standar kompetensi membaca dan menyimak berbagai novel. Kompetensi dasar menganalisis isi dan kebahasaan yang terkandung dalam novel. Tujuan dalam kegiatan pembelajaran yaitu menemukan jenis gaya bahasa perbandingan yang terdapat dalam novel dalam novel, dan mempresentasikan hasil penemuan yang terkandung dalam novel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-06-2022

Cara Mengutip

Detia, T. . (2022). GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM NOVEL CEWEK KATROPOLITAN KARYA ADE JAYADIREJA DAN IMPLIKASI PADA PEMBELAJARAN DI SMA. Jurnal Tambuleng, 3(1). https://doi.org/10.1234/jt.v3i1.4949

Terbitan

Bagian

Jurnal Tambuleng (Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)