PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 PALANGKA RAYA

Penulis

  • Dayanti Uyun mahasiswa

Kata Kunci:

Penggunaan , Video , Pembelajaran, Seni , Tari, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan video pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2021/2022 yang 320 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Sebagai sampel hanya diambil siswa kelas VIII-1 saja, dengan jumlah siswa 32 orang.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK Kolaboratif, yakni kerjasama (kolaborasi) antara guru dan peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes tertulis dan tes praktik kemudian data di analisis dengan menggunakan proses penyuntingan (editting), pengodean (coding) dan tabulasi (tabulating).

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam siklus I menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran masih belum cukup baik dilaksanakan oleh siswa, meskipun mengalami peningkatan pada siklus I jika dibandingkan dengan pra siklus karena rata-rata persentase menunjukan hasil 63%. Kemudian pada siklus II telah menunjukan hasil yang baik dari hasil belajar siswa yang telah mencapai nilai rata-rata 82 dengan persentase secara klasikal sebesar 94%.  Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran seni tari untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Palangka Raya dinyatakan berhasil karena menunjukan hasil nilai rata-rata dalam interval yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-02-2023

Cara Mengutip

Uyun, D. (2023). PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 PALANGKA RAYA. Tambuleng, 3(2), 70–79. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/5164

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)