PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 PALANGKA RAYA
Kata Kunci:
Penggunaan , Video , Pembelajaran, Seni , Tari, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan video pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2021/2022 yang 320 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Sebagai sampel hanya diambil siswa kelas VIII-1 saja, dengan jumlah siswa 32 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK Kolaboratif, yakni kerjasama (kolaborasi) antara guru dan peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes tertulis dan tes praktik kemudian data di analisis dengan menggunakan proses penyuntingan (editting), pengodean (coding) dan tabulasi (tabulating).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam siklus I menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran masih belum cukup baik dilaksanakan oleh siswa, meskipun mengalami peningkatan pada siklus I jika dibandingkan dengan pra siklus karena rata-rata persentase menunjukan hasil 63%. Kemudian pada siklus II telah menunjukan hasil yang baik dari hasil belajar siswa yang telah mencapai nilai rata-rata 82 dengan persentase secara klasikal sebesar 94%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran seni tari untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Palangka Raya dinyatakan berhasil karena menunjukan hasil nilai rata-rata dalam interval yang baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Tambuleng
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.