EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MATERI MENYANYI SOLO

Authors

  • Tambuleng
  • Ichyatul Afrom Universitas Palangka Raya
  • Yuliati Eka Asi Universitas Palangka Raya
  • Jimy Oktolongere Andin Universitas Palangka Raya
  • Intan Kamala Universitas Palangka Raya
  • Wildya Yuviana

Keywords:

Efektivitas, Video Pembelajaran, Menyanyi Solo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Video Pembelajaran terhadap kemampuan siswa dalam materi menyanyi solo di kelas IX SMP Negeri 8 Palangka Raya pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 330 siswa yang terbagi dalam 11  kelas. Sebagai sampel responden hanya diambil siswa kelas IX-1 saja dengan jumlah siswa 30 orang. Metode pada penelitian ini berupa kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen tes ranah kognitif dan tes ranah keterampilan dengan teknik analisis data menggunakan angket siswa yang diberikan melalui Google Form kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan sistem daring dengan menggunakan 1 siklus maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Proses pembelajaran Seni Budaya menggunakan Video Pembelajaran dalam penyampaian materi Menyanyi Solo/Tunggal pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 8 Palangka Raya dinyatakan berhasil menunjukan hasil rata- rata dalam interval yang sangat baik. Serta pada hasil persentase angket atau kuisioner  berada pada kategori baik. Sehingga penggunaan video pembelajaran secara online terhadap kemampuan siswa dalam materi menyanyi solo dapat dikatakan berhasil untuk menarik minat siswa dan dapat dikatakan efektif sebagai media dan sumber materi bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Tambuleng, Ichyatul Afrom, Yuliati Eka Asi, Andin, J. O., Intan Kamala, & Wildya Yuviana. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MATERI MENYANYI SOLO. Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 1(1). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/2048
Abstract viewed = 319 times

Most read articles by the same author(s)