ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Pendekatan Pendidikan Karakter

Authors

  • nataliantrihandayani waruwu _

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Sekolah, Seni Budaya, Nilai

Abstract

Pendidikan karakter pada dasarnya bertujuan menciptakan bangsa yang tangguh, berakhlak mulia,beretika,sopan santun, bergotong royong,toleransi, berkembang dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang di dasari kepercayaan akan Tuhan Yang Maha Esa. Penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung dimana saja, disekolah,dikeluarga,dimasyarakat, dan berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan berfungsi membangun bangsa untuk terus maju, melalui pendidikan sebagai motor penggerak bangsa. Selain ilmu pengetahuan karakter juga merupakan hal yang penting, dan paling menonjol, manusia yang berpengetahuan biasanya akan ditandai dengan karakter yang baik. Oleh karenanya pendidikan karakter sangatlah penting. Penerapan pendidikan karakter disekolah sangat berpengaruh, pendekatan yang dilakukan akan menentukan hasil dari ilmu yang diberikan yang di implikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa.

 Pada mata pelajaran Seni dan Budaya, penerapan pendidikan karakter di sekolah dapat di laksanakan melalui penerapan pendekatan-pendekatan pendidikan karakter, yaitu: Pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kkognitif, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, pendekatan pembelajaran berbuat.

 

 

 

 

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Sekolah, Seni Budaya, Nilai

 

Published

2022-06-20

How to Cite

waruwu, nataliantrihandayani. (2022). ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: Pendekatan Pendidikan Karakter. Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(1). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/4755

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.