About the Journal

Jurnal Agripeat, ISSN 1411-6782, E-ISSN 2620-6935 Merupakan Jurnal yang menyajikan berbagai hasil penelitian baik penelitian oleh Dosen Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya maupun hasil penelitian dari instansi lain yang berhubungan dengan Agronomi dan pemanfaatan lahan gambut untuk pertanian, Journal ini sudah terakreditasi sinta 4 di ARJUNA RISTEKDIKTI. Jurnal Agripeat diterbitkan dua kali dalam satu Tahun ( Bulan Maret dan Bulan September).

https://doi.org/10.36873/agp.v20

Announcements

Current Issue

Vol. 22 No. 01 (2021): JURNAL AGRIPEAT VOLUME 22 NO. 01 MARET 2021

Jurnal Agri Peat dengan PISSN 1411-6782 dan EISSN 2620-6935 telah Terakreditasi Sinta 4 Sejak Terbitan edisi Maret 2019 hingga September 2022. Dalam terbitan edisi Maret 2021 Volume 22 Nomor 1 ini menyajikan berbagai hasil penelitian yang berasal dari disiplin ilmu dibidang Agroteknologi dan pengelolaan gambut yang bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan diatasnya, hasil-hasil penelitian tersebut adalah Pematahan dormansi benih kelapa sawit (Elaeis guinensis jacq.) Menggunakan kalium nitrat (KNO3) dan air kelapa, Pengaruh pupuk NPK mutiara terhadap pelindian fosfor dan kalsium pada tanah podsolik merah kuning dan tanah sulfat, Pengaruh pemberian dolomit dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai (Glycine max (l.) Merr) di tanah ultisol , Aplikasi insektisida nabati berbahan tanaman rawa untuk mengendalikan hama kedelai ulat grayak  (Spodoptera litura) di lahan rawa pasang surut, Pertumbuhan stek batang cincau hijau (Premna oblongifolia Merr) akibat pemberian pupuk organic cair dan pupuk npk pada tanah gambut, Pola konsumsi beras rumah tangga berdasarkan golongan pendapatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Kota Palangka Raya, serta Uji dayatarik tiga merk atraktan untuk pengendalian hama lalat buah (Bactrocera spp.) Pada tanaman sayuran dan buah-buahan.

Artikel-artikel tersebut merupakan hasil-hasil penelitian tenaga pendidik dari berbagai Instansi yang menguraikan tentang pengelolaan, manfaat dan pengaruhnya terhadap lahan gambut di Indonesia. Semoga Jurnal Agri Peat ini dapat mendorong peneliti lainnya untuk menyumbang tulisan, baik berupa hasil penelitian maupun kajian analitis-kritis, terutama tulisan-tulisan yang berhubungan dengan pertanian, pemanfatan lahan gambut dan rawa, serta lingkungannya. Namun demikian, Jurnal AgriPeat juga tetap menerima artikel-artikel lain tentang pertanian di luar gambut dan rawa yang dinilai layak untuk dipublikasikan. Dengan demikian keberadaan Jurnal Agri Peat dapat menjadi sarana untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian diantara kita

Published: 2021-03-31
View All Issues