ANALISIS PERSPEKTIF MAHASISWA SISTEM INFORMASI ITS TERHADAP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Penulis

  • Rahmah Fauzia
  • Muhammad Ali Fikri Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8043

Kata Kunci:

university, MBKM, implementation, students

Abstrak

Perguruan tinggi dituntut untuk dapat menyesuaikan sistem pendidikan yang ada dengan keadaan industri Indonesia saat ini. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai ilmu sebagai mata pelajaran sebelum memasuki dunia usaha dan industri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pandangan mahasiswa Departemen Sistem Informasi ITS terkait implementasi kebijakan MBKM. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 42,1% siswa berkontribusi dalam diskusi/rapat/lokakarya terkait persiapan pelaksanaan MBKM, 44,7% siswa menyatakan terjadi peningkatan kapasitas yang cukup baik, dan 50% siswa menyatakan terjadi peningkatan. peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan baik. Kendala utama yang mempengaruhi implementasi MBKM adalah penyesuaian kurikulum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, S. 2020. Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi.

Arikunto, S. 1986. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina

Aksara.

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. 2022. Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738-748.

Mariati, M. 2021. Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.405

Nugroho, E. 2018. Prinsip-prinsip menyusun kuesioner. Universitas Brawijaya Press.

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. 2021. Proses pembelajaran daring guru menggunakan aplikasi Whatsapp selama pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138-150.

Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. 2021. Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37-47.

Susetyo, S. 2020. Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 29-43).

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. 2022. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699-706.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. 2021. Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30-38.

Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. 2022. Peningkatan Soft Skill melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi: Jurnal Psikologi, 17(1), 112-126.

Dikti 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek Dikti.

Susilawati, N. 2021. Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Sulistyo, T., Liskinasih, A., & Purnawati, M. 2022. MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: Tantangan Atau Hambatan Ditinjau Dari Tuntutan Pembelajaran Abad 21?. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (3).

Diterbitkan

2023-05-11

Cara Mengutip

Fauzia, R. ., & Fikri, M. A. . (2023). ANALISIS PERSPEKTIF MAHASISWA SISTEM INFORMASI ITS TERHADAP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. JURNAL PENDIDIKAN, 24(1), 1–11. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8043
Abstrak viewed = 75 times