Peer Review Process

Peran Reviewer

Artikel penelitian yang dikirim ke jurnal online ini akan ditinjau oleh teman sejawat. Peran reviewer meninjau naskah yang ditulis oleh sesama ilmuwan adalah hak istimewa. Namun, itu adalah tanggung jawab yang meminta pemikiran dan menghabiskan waktu. Karenanya, Editorial Board, penulis, dan audiensi menghargai kesediaan Anda untuk menerima tanggung jawab dan dedikasi Anda.

 

Artikel penelitian yang diterima akan tersedia online (unduh gratis) mengikuti proses peer-review jurnal.

 

Proses peer-review double-blind yang cepat dan adil, dan juga memastikan kualitas artikel yang tinggi. Proses tersebut membutuhkan analisis dan komentar reviewer yang kritis dan konstruktif untuk kualitas naskah. Reviewer diberi waktu sekitar 2 minggu, terhitung sejak tanggal pengiriman di email untuk menyelesaikan review manuskrip dan mengirimkan kembali kepada Editor, file-file naskah dan lembar penilaiannya.

Mempertahankan Jurnal Pendidikan sebagai jurnal ilmiah yang berkualitas tinggi tergantung pada pengulas dengan tingkat keahlian yang tinggi dan kemampuan untuk bersikap objektif, adil, dan berwawasan luas dalam evaluasi manuskrip mereka.

 

Dalam meninjau sebuah naskah, Anda harap pertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Meninjau naskah secara kritis, tetapi secara konstruktif dan menyiapkan komentar terperinci tentang naskah untuk membantu penulis meningkatkan pekerjaan mereka.
  2. Memberikan semua informasi yang diperlukan dalam tenggat waktu yang ditetapkan.
  3. Membuat rekomendasi kepada editor mengenai kesesuaian naskah untuk publikasi dalam Jurnal Pendidikan.
  4. Menyatakan kepada editor segala potensi konflik kepentingan sehubungan dengan penulis atau isi naskah yang diminta untuk mereka tinjau.
  5. Melaporkan kemungkinan kesalahan penelitian.
  6. Menyarankan pengulas alternatif jika mereka tidak dapat meninjau naskah karena alasan apa pun.
  7. Memperlakukan naskah sebagai dokumen rahasia.
  8. Tidak menggunakan karya yang dijelaskan dalam naskah.
  9. Tidak berkomunikasi langsung dengan penulis, jika mereka mengidentifikasi penulis.
  10. Tidak mengidentifikasi diri kepada penulis.
  11. Tidak meneruskan naskah yang ditugaskan kepada pengulas lain.
  12. Memastikan bahwa naskah itu berkualitas tinggi dan karya asli.
  13. Memberitahu editor jika dia menemukan naskah yang ditugaskan sedang dipertimbangkan dalam publikasi lain sepengetahuannya.
  14. Membuat komentar untuk publikasi terkait dengan naskah yang ditinjau.

 

Berikut item-item yang perlu ditinjau:

 

  1. Kebaruan topik.
  2. Orisinalitas.
  3. Keandalan ilmiah.
  4. Kontribusi berharga bagi sains.
  5. Menambahkan aspek baru ke bidang studi yang ada.
  6. Aspek etis.
  7. Struktur artikel yang diajukan dan relevansinya dengan pedoman penulisan.
  8. Referensi disediakan untuk mendukung konten.
  9. Tata bahasa, tanda baca, dan ejaan.
  10. Kesalahan ilmiah.

 

Catatan:

(aspek-aspek ulasan ini perlu dideskripsikan untuk memastikan kualitas manuskripnya)