Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Pendidikan Seni Drama Di Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Yuliati Eka Asi Universitas Palangka Raya

Keywords:

Problem Solving, Seni Drama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh metode
pembelajaran problem solving melalui seni drama dengan melatih siswa
menghadapi masalah yang ada di lingkungannya melalui seni peran dalam
drama.
Metode problem solving yang dimaksud adalah suatu pembelajaran
yang menjadikan masalah kehidupan nyata, dan masalah masalah tersebut
dijawab dengan metode ilmiah, rasional dan sistematis. Metode yang
digunakan adalah diskriptif kuantitatif. Diskriptif dilakukan untuk
mendiskripsikan tingkat intensitas kunjungan keperpustakaan serta
kemampuan mengarang mahasiswa program studi PGSD Universitas
Muhammadiyah Palangkaraya. Instrument penelitian ini adalah
menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah regresi. Teknik Analisis Data yang digunakan selain
menggunakan Rumus Regresi Linear Sederhana juga di bantu dengan
menggunakan teknik analisis data SPSS tipe 17.0 for Windows.
Berdasarkan analisis data tentang motode problem solving pada
pembelajaran drama diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara
motode problem solving pembelajaran drama mahasiswa semerter V PGSD,
FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2017- 2018. Dapat
disimpulkan bahwa Minat membaca peserta didik di perpustakaan masih
rendah hal tersebut didukung oleh hasil penelitian yang mana ada
pengaruh minat membaca di perpustakaan terhadap prestasi belajar
peserta didik kelas IV dan kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya Tahun
Pelajaran 2010/2011.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-15

How to Cite

Yuliati Eka Asi. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Pendidikan Seni Drama Di Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Jurnal Pendidikan, 20(2), 167-174. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/891