Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Group Investigation (GI) pada Materi Komposisi Fungsi Kelas XI IPS SMAN 1 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i1.894Keywords:
NHT, Group Investigation, Komposisi FungsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Group Investigation (GI) pada materi komposisi fungsi kelas XI IPS
SMAN 1 Palangka Raya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS
SMAN 1 Palangka Raya. Sampel yang digunakan yaitu dua kelas, dengan
teknik simple random sampling terpilih kelas XI IPS 2 sebagai kelompok
eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan kelas
XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen 2 dengan model pembelajaran
kooperatif tipe GI. Instrumen penelitian berupa soal tes objektif berjumlah
36 butir soal. Sebelum soal tes digunakan, dilakukan uji validitas dan
reliabilitas pada kelas yang tidak termasuk kelas eksperimen yaitu kelas XI
IPS 3. Dari hasil uji validitas dengan analisis indeks kesukaran dan daya
pembeda, diperoleh 20 butir soal yang valid dan 16 butir soal yang tidak
valid dan reliabilitas soal tes tersebut diuji dan diperoleh reliabilitas
sebesar i = 0,69 dengan kriteria tinggi.
Hasil dari uji hipotesis dengan menggunakan uji-t maka
diperoleh thitung = -4,276 sedangkan ttabel = 1,99 sehingga thitung< -ttabel maka
Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar matematika antara menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe NHT dengan GI pada materi komposisi fungsi kelas XI IPS SMAN 1
Palangka Raya.