Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Guru Biologi Menulis Karya Ilmiah melalui Pelatihan dan Pendampingan

Authors

  • Liswara Neneng Universitas Palangka Raya
  • Bejo Basuki Universitas Palangka Raya

Keywords:

pendampingan, karya ilmiah, guru biologi

Abstract

Guru biologi pada sekolah lanjutan di Kota Palangka Raya, masih
banyak yang mengalami kesulitan dalam menulis karya ilmiah. Kesulitan
para guru dimulai dari memperoleh ide penelitian, mencari dan
menentukan permasalahan, hingga proses menuangkan ide tersebut ke
dalam bentuk tulisan pada latar belakang, menetapkan prosedur
pengumpulan data hingga analisis data. Sementara itu, tuntutan peraturan
pemerintah mempersyaratkan karya ilmiah untuk proses kenaikan pangkat
para guru. Hal ini mendorong perlunya kegiatan pelatihan dan
pendampingan bagi para guru yang bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan dan keterampilan guru biologi dalam hal: 1) menyusun
proposal Penelitian di bidang biologi dan bidang pendidikan biologi, 2)
melaksanakan dan membuat laporan Penelitian, 3) menyusun proposal dan
laporan hasil penelitian.
Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara pelatihan dan
pendampingan. Hasil kegiatan memperlihatkan bahwa 1) kegiatan
pendampingan penyusunan proposal dan laporan penelitian berdampak
pada terjadi peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru biologi
dalam hal menulis karya ilmiah, 2) peningkatan kemampuan dan
keterampilan menulis proposal dan laporan hasil penelitian rata-rata
sebesar 20%. Saran: 1) masih dibutuhkan pembinaan lebih lanjut secara
intensif dan berkesinambungan, agar para guru benar-benar mampu
menulis karya ilmiah yang berkualitas, 2) kolaborasi antara Perguruan
Tinggi dengan pihak sekolah dan dinas pendidikan, masih sangat
dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan profesionalisme guru,
di bidang penulisan karya ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-10

How to Cite

Liswara Neneng, & Bejo Basuki. (2019). Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Guru Biologi Menulis Karya Ilmiah melalui Pelatihan dan Pendampingan. Jurnal Pendidikan, 20(1), 25-34. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/895