Analisis Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Komposisi Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i1.899Keywords:
Analisis, Pemahaman Matematis, Soal cerita MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman
matematis siswa berdasarkan indicator translasi, interpretasi, dan
esktrapolasi dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi
komposisi fungsi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data
pemahaman pemahaman matematis siswa dikumpulkan melalui tes dan
wawancara. Sumber data adalah empat siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri
3 Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 yang dipilih sebagai subjek
penelitian yaitu ; satu siswa berkemampuan rendah, dua siswa
berkemampuan sedang(satu siswa di bawah nilai KKM, dan satu siswa
mencapai nilai KKM), dan satu siswa berkemampuan tinggi. Tes dilakukan
sebanyak dua kali dalam waktu yang berbeda. Tes berupa 2 butir soal
cerita yang berkaitan dengan materi komposisi fungsi. Soal tes pertama dan
tes kedua yang diberikan hanya berbeda pada bilangan yang digunakan.
Hasil tes 1 dan tes 2 dikoreksi dan dikelompokan menjadi tiga kelompok
nilai yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Wawancara dilakukan untuk
mengetahui lebih dalam tentang pemahaman matematis siswa berdasarkan
hasil tes, dan dilaksanakan sebanyak dua kali dalam waktu yang berbeda.
Wawancara yang pertama dilakukan setelah tes 1 dan wawancara kedua
dilakukan setelah tes 2.
Hasil penelitian menunjukkan;1) siswa berkemampuan rendah,
kurang baik pada indikator translasi. Sehingga kurang mampu pada
indikator interpretasi dan ekstrapolasi. 2) siswa berkemampuan sedang,
cukup baik pada indikator translasi dan interpretasi. namun kurang pada
indikator ekstrapolasi. 3) siswa berkemampuan tinggi, baik pada indikator
translasi, interpretasi maupun ekstrapolasi. Pemahaman matematis pada
indikator translasi maupun interpretasi mempengaruhi pemahaman
matematis pada indikator ekstrapolasi.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-03-02 (4)
- 2020-06-23 (3)
- 2020-06-23 (2)
- 2019-06-10 (1)