Identifikasi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus dan Balok Berdasarkan Taksonomi Anderson Di Kelas VIII MTS Muslimat NU Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v19i1.925Keywords:
soal cerita, taksonomi AndersonAbstract
Materi kubus dan balok merupakan materi paling dasar untuk
mempelajari bangun ruang lainnya. Akan tetapi, masih banyak peserta
didik yang melakukan kesalahan saat mengerjakan soal cerita kubus dan
balok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan apa saja yang
dilakukan peserta didik kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya
tdalam menyelesaikan soal cerita kubus dan balok berdasarkan
taksonomi Anderson serta mendeskripsikan penyebab kesalahannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2017.
Subjek penelitian sebanyak 37 peserta didik dari kelas VIII-C MTs
Muslimat NU Palangka Raya. Wakil subjek yang diwawancarai
sebanyak enam peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil tes.
Instrumen dalam penelitian ini ditelaah oleh tiga orang rater dan
dinyatakan valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes
dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mereduksi
data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling
banyak dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita kubus
dan balok berdasarkan taksonomi Anderson yaitu kesalahan memahami- konseptual dan kesalahan mengevaluasi-prosedural. Kesalahan yang
paling sedikit dilakukan peserta didik adalah kesalahan menganalisis- konseptual. Penyebab peserta didik melakukan kesalahan adalah
terbiasa mengerjakan soal tanpa menuliskan yang diketahui dan
ditanyakan, terpaku pada rumus di buku, tidak memahami konsep secara
utuh, tidak teliti memaknai soal, tidak teliti dalam menghitung, kurang
memahami materi yang berkaitan, tidak dapat membedakan informasi
yang relevan dan tidak dalam soal, menganggap soal susah sebelum
mencobanya, serta tidak memeriksa kembali jawaban.