Pembelajaran Konstruktivis Pada Ssistem Persamaan Linear Dua Peubah

Authors

  • Janu Pinardi Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v19i1.930

Keywords:

pembelajaran konstruktivis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan sistem materi persamaan linear dua peubah antara siswa yang diajarkan secara konvensional dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan konstruktivis.

Pengumpulan data melalui tes uraian bentuk cerita yang dilanjutkan dengan kegiatan penyuntingan, pengkodean, penyekoran dan tabulasi. Instrumen yang digunakan untuk keperluan pengumpulan data terdiri dari 10 butir soal dengan materi sistem persamaan linear dua peubah. Populasi penelitian tersebar dalam enam kelas. Pengambilan sampel kelas dilakukan dengan teknik random dengan cara undian kelas dan diperoleh dua kelas sampel, dimana satu kelas diajar dengan cara konvensional dan satu kelas diajar dengan pendekatan konstruktivis. Sebagai variabel bebas adalah  cara mengajar konvensional (X1) dan cara mengajar dengan pendekatan konstruktivis (X2), sedangkan sebagai variabel tak bebas adalah prestasi belajar matematika (Y).

Analisis data untuk uji hipotesis penelitian  ini digunakan uji beda mean t. yang terlebih dahulu telah memenuhi uji persyaratan analisis yakni uji homogenitas. Selanjutnya penelitian menyimpulkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear dengan dua peubah yang diajar dengan pendekatan konstruktivis lebih tinggi daripada kemampuan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional biasa, (2) berdasarkan data hasil penelitian, persentase kesalahan terbesar dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear dengan dua peubah, terjadi pada kemampuan siswa dalam merumuskan masalah dalam kalimat matematika yang tepat (modeling)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-12

How to Cite

Janu Pinardi. (2018). Pembelajaran Konstruktivis Pada Ssistem Persamaan Linear Dua Peubah. Jurnal Pendidikan, 19(1), 78–86. https://doi.org/10.52850/jpn.v19i1.930