Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian Dengan Menekankan Aspek Pemahaman
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v18i2.936Keywords:
Operasi pembagian, PembelajaranAbstract
Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran
pembagian dengan menekankan pemahaman pada konsep- konsep
yang berada dalam operasi pembagian. Urutan pembelajaran
dilakukan dengan memperhatikan kesinambungan konsep-konsep
berhitung dengan beracuan pada kontruksi pemahaman konsep
pembagian siswa yang berkemampuan rendah sampai tinggi. Susunan
materi dilakukan berdasarkan tipe-tipe kesalahan yang dilakukan
siswa (mencoba mereduksi kesalahan yang terjadi). Serta hasil
penelitian rekontruksi pemahaman siswa yang pernah belajar operasi
pembagian.
Materi-materi pembagian yang dapat disajikan dalam bentuk
konkret sampai bentuk formal adalah semua materi pembagian baik
materi pembagian dengan bilangan bulat dengan bilangan bulat,
bilangan bulat dengan bilangan pecah, bilangan pecahan dengan
pecahan, bilangan negatif, membagi dengan basis 10, dengan basis n,
dengan basis x (pembagian dalam bentuk fungsi). Ternyata memiliki
konsep yang sama hanya tingkat keabstrakannya saja yang
berbeda-beda. Mengingat terbatasnya waktu dan tempat penyajian,
pada tulisan ini hanya akan disajikan materi pembagian dari
bilangan bulat dan pecah secara lengkap dan bilangan pecah,
sedangkan penyajian materi selanjutnya hanya secara garis besarnya
saja yang pada hakekatnya dilakukan berdasarkan prinsip sama.