Pendekatan Scientific Aproach Yang Terintegrasi dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Sebagai Upaya Pencapaian Kompetensi Ilmiah Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UPR
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v18i2.941Keywords:
pembelajaran pendekatan Scientific Approach,, Pembelajaran berbasis proyek, kompetensi ilmiah.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimple-
mentasikan Pembelajaran Pendekatan Scientific Aproach yang
Terintegrasi dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP)
Sebagai Upaya Pencapaian Kompetensi Ilmiah Mahasiswa Pada
Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UPR. Secara rinci
kompetensi yang diteliti adalah keterampilan mahasiswa dalam: a)
melakukan perencanaan, b) melakukan perancangan,
c) melaksanakan penyelidikan, dan d) melakukan pelaporan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi
kasus dan desain penelitian praeksperimen dengan rancangan One
Group Pretest-Posttest Design, dimana sampel penelitian ini adalah
48 orang mahasiswa prodi fisika yang sedang menempuh mata kuliah
pengembangan program pengajaran fisika. Data kuantitatif diperoleh
melalui tes kinerja dan tes kognitif yang kemudian dianalisis secara
deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi
Pembelajaran Pendekatan Scientific Aproach yang Terintegrasi
dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) membawa
dampak pada penguasaan keterampilan mahasiawa dalam hal a)
melakukan perencanaan kategori cukup baik, b) melakukan
perancangankategori baik, c) melaksanakan penyelidikan kategori
sangat baik, dan d) melakukan pelaporan kategori baik.