Peran dari Strategi Implementasi Learning The Needed Skill dalam Trait and Faktor untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Kurun

Authors

  • Oktamia Karuniaty Sangalang Universitas Palangka Raya
  • Mimi Suriatie Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.944

Keywords:

Learning The Needed Skill, Trait And Factors

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan layanan
konseling menggunakan Learning The Needed Skill Dalam Trait And
Faktor Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMPN 5 Kurun.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian
kualitatif, yakni penulis dalam mengumpulkan data secara langsung
dari lapangan kemudian menafsirkan dan menyimpulkan dari data
yang ada dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
observasi. Keabsahan data dilakukan triangulasi data yaitu
membandingkan dan mengecek baik derajat kepercayaan informasi
yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda untuk
mengetahui adanya alasan terjadinya perbedaan tersebut. Analisis
data menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.Berdasarkan analisis data
disimpulkan setelah beberapa kali diadakan layanan konseling
menggunakan Learning The Needed Skill dalam Trait And Faktor,
siswa menunjukkan perubahan, yaitu 4 (empat) siswa memahami
kemampuan intelektual yang ada di dirinya sehingga berkembang
dengan baik, membagi waktu belajar dan bermain dengan baik, siswa
memahami pelajaran yang disampaikan guru.
Peneliti menyatakan di akhir penelitian, siswa awalnya
mengalami kesulitan belajar, kini ke empat siswa tersebut dapat
memahami pelajaran dengan baik, ditunjukkan penurunan indikator
kesulitan belajar siswa sangat baik, sehingga layanan konseling
dengan menggunakan Learning The Needed Skill Dalam Trait And
Faktor berhasil karena siswa dinyatakan telah berubah dan terbiasa
dalam memahami pelajaran dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Oktamia Karuniaty Sangalang, & Mimi Suriatie. (2020). Peran dari Strategi Implementasi Learning The Needed Skill dalam Trait and Faktor untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Kurun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.944