Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Operasi Pembagian Bilangan Pecahan Menggunakan Alat Peraga di Kelas CI PGSD FKIP Universitas Palangka Raya Semester II Tahun Ajaran 2017

Authors

  • Halimah Jumiati FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.952

Keywords:

Pembagian pecahan, Alat peraga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan bentuk
pembelajaran konsep operasi pembagian bilangan pecahan
menggunakan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman peserta
didik. 2) mendiskripsikan hasil respon peserta didik terhadap konsep
operasi pembagian bilangan pecahan selama pembelajaran
berlangsung.
Peneliti membuat rancangan pembelajaran, LKS disertai alat
peraga sederhana dan tidak memerlukan biaya banyak. Penelitian
dilakukan 2 siklus. Pada siklus I, karena konsep operasi pembagian
bilangan pecahan cara memotong bilangan dibagi dengan pembagi
dalam berapa kali dan sisanya sebagai pembagi bilangan pembagi.
Maka ketika diberi soal ternyata ada ragu-ragu dalam pembagian
bilangan pecahan keberhasilan nilai rata rata 6,6 kurang memuaskan
hanya 70 %. Maka peneliti memperbaiki kegiatan pembelajaran pada
siklus II dibentuk 4 kelompok, tiap kelompok diberi alat peraga
membahas pembagian bilangan pecahan. Intervensi langsung
dilakukan peneliti memberi berupa pengarahan.
Keberhasilan penelitian 100 % dengan nilai rata-rata 7,8.
Hasil observasi pengamat terhadap aktivitas mahasiswa 80 % pada
katagori baik dan aktivitas peneliti 85 % pada katagori baik. Angket
respon mahasiswa menunjukkan jawaban 86 % positif kegitan
pembelajaran pada katagori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Halimah Jumiati. (2020). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Operasi Pembagian Bilangan Pecahan Menggunakan Alat Peraga di Kelas CI PGSD FKIP Universitas Palangka Raya Semester II Tahun Ajaran 2017. Jurnal Pendidikan, 18(1), 70–78. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.952