Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Daerah Wisata Tahura Lapak Jaru di Kabupaten Gunung Mas
DOI:
https://doi.org/10.37304/ej.v4i2.10061Keywords:
marketing strategy, service quality satisfaction, loyaltyAbstract
This study aims to analyze the effect of marketing strategy on loyalty through the satisfaction of the tourist area of Tahura Jaru in Gunung Mas Regency. The method used in this study is explanatory research. The sample of this study amounted to 75 people as respondents. The data were analyzed using descriptive analysis and statistical inferential analysis of the Structural Equation Modeling (SEM) using the Partial least squares approach (SEM-PLS). The results of the study conclude that marketing strategy affects loyalty either directly or through satisfaction. In this relationship satisfaction is a partial mediation (partial mediation). Service quality does not directly affect loyalty, but through satisfaction. In this relationship satisfaction is a full mediation variable (full mediation). Communication has a significant effect on performance either directly or indirectly.
Downloads
References
Afriza, L., Kartika, T., & Riyanti, A. (2018). Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat (Community Based Ecotourism) dalam Rangka Mengentaskan Kemiskinan Di Desa Karangsong Kabupaten Indramayu. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(1), 20- 34.
Anggraini, Fifin dan Anindhyta Budiarti. 2020. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. JUPE Volume 08 Nomor 03 Tahun 2020, 86 – 94 Manajmen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Barata, Atep Adya. 2017. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Bitner, Mary Jo dan A.R. Hubbert. 2018. Encounter Satisfaction Versus OverallSatisfaction Versus Quality: thee customer’s Voice in Service Quality, New Direction In Theory and Practic. Sage Publication
Barnes, James. G (2017), Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan), Yogyakarta: Penerbit Andi
Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. (2003). Pedoman Analisis Daerah Operasi Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam. Bogor: Direktorat Wisata Alam dan Pemanfaatan Jasa Lingkungan.
Fauzi, A. 2004. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Griffin, Jill. 2017. Costumer Loyality-Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Alih bahasa, Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Hidayat, S. (2016). Strategi Pengembangan Ekowisata di Desa Kinarum Kabupaten Tabalong. Jurnal Hutan Tropis, 4(3), 282-292.
Khoiriyati, R. 2002. Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Secara Pra-upaya Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Lombok Barat [tesis]. Bogor : Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.
Kotler, Philip, Dasar-dasar manajemen pemasaran. Jilid 1II, (Jakarta: Erlangga,2017),11
Latupapua, Y. T., Pudyatmoko, S., Fandeli, C., dan Baiquni, M. (2013). Analisis Potensi Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Manusela Sebagai Daya Tarik Ekowisata. Jurnal Agroforestri, 8(4), 248-260.
Marpaung, Astrida Natalia. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Inna Dharma Deli Medan. Tesis Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara. Medan
Manap Abdul, Revolusi Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013)
Mulyanie, E. (2016). Partisipasi masyarakat dalam pelestarian kawasan konservasi hutan di gunung galunggung kabupaten tasikmalaya. Jurnal Geografi, 4(1), 1-14.
Ramdhani, Riska Suci. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Layanan Aplikasi Grab di Makassar. Tesis Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar
Risa Susanti, Tonich Uda, Rinto Alexandro. 2022. Kualitas Pelayanan Jasa Pada Usaha Laundry Ririn Di Jalan G. Obos XII Kota Palangka Raya. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/508.
Rinto Alexandro, Tonich Uda, Fendy Hariatama, Uci Lestari. 2021. The Effect of Employee Performance on Consumer Satisfaction at Setia Hotel, Puruk Cahu, Murung Raya. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/article/view/38211.
Sahureka, M., Lelloltery, H., & Hitipeuw, J. C. (2016). Implementasi pengembangan ekowisata berbasis masyarakat di hutan lindung gunung sirimau Kota Ambon. Jurnal Hutan Pulau-pulau Kecil, 1(2), 128- 135.
Sari, Debby Ayu Permata. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Variabel Kepuasan (Studi Pada Pelanggan Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Regional Bogor). Tesis Direktorat Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
Saifullah. 2000. Kajian Pengembangan Pariwisata Bahari dan Kontribusinya Pada Kesejahteraan Masyarakat Pesisir di Pulau Weh (Sabang) [tesis]. Bogor : Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.
Sulisyati, R., Poedjirahajoe, E., Faida, L. R. W., & Fandeli, C. (2016). Optimalisasi Zona Pemanfaatan Wisata Taman Nasional Karimunjawa Melalui Komunitas Ikan Karang (Optimizing the Tourism Utilization Zone Karimunjawa National Park through Coral Reef Fish Communities). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 23(2), 224-232.
Syakya. 2005. Analisis Willingness To Pay (WTP) dan Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Lampuuk Di Nangroe Aceh Darussalam. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana. IPB. Bogor.
Tjiptono Fandy dan Gregorius chandra, Service, Quality dan Satisfication, (Yogyakarta: Andi,2015), 11.
Wulan, C., Albayudi, A., & Lidiarti, T. (2019). Analysis of Potential Ecotourism in the Rawa Bento, Kerinci District. Jurnal Silva Tropika, 3(1), 95-107.
Xavier, S., Harianto, S. P., & Dewi, B. S. (2018). Pengembangan Penangkaran Rusa Timor (Cervus timorensis) di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman Lampung. Jurnal Sylva Lestari, 6(2), 92- 104