Perancangan Balanced Scorecard Sebagai Alat Penentuan Strategi

Studi Kasus Pada Sub Bagian Non PNPB Universitas Palangka Raya

Authors

  • Medianson Medianson Magister Sains Manajemen FEB UPR
  • Danes Jaya Negara Magister Sains Manajemen FEB UPR
  • Fitria Husnatarina Magister Sains Manajemen FEB UPR
  • Lelo Sintani Magister Sains Manajemen FEB UPR
  • Meitiana Meitiana Magister Sains Manajemen FEB UPR
  • Luluk Tri Harinie Magister Sains Manajemen FEB UPR

DOI:

https://doi.org/10.37304/ej.v4i2.10463

Keywords:

Strategic Management, Non PNPB Subdivision, Palangka Raya University, Balanced Scorecard

Abstract

This study aims to analyze the main strategies that must be developed, analyze strategic objectives, analyze performance measures and recommend managerial implications of the Non-Tax State Budget Subdivision of the Finance Department of the University of Palangka Raya based on the Balance Scorecard perspective. The results of environmental analysis using descriptive analysis, evaluation of internal factors, evaluation of external factors, and the internal-external matrix selected an intensive product development strategy as the main strategy for the Non PNPB Subdivision of the University of Palangka Raya. The results of the research at a later stage note that the customer perspective (0.573) is the most important perspective of the four Balanced Scorecard perspectives in product development strategy, while the strategic objective of "Increasing welfare" is the most important strategic objective of all existing strategic objectives. The last stage in the research process resulted in weighting for 19 Key Performance Indicators, strategic initiatives and managerial implications which became technical recommendations for the Non-PNPB Subdivision of the University of Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin H, Mimin Rukmini (Editor). 2004a. Kritik dan Otokritik LSM: Membongkar Kejujuran dan Keterbukaan Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia. Jakarta (ID): Piramedia.

Agustina I. 2012. Perancangan Strategi dengan Perspektif Balanced Scorecardpada Institusi Pariwisata Bogor Hotel Institute (BHI). Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID): IPB.

Allison M, Jude Kaye. 2013. Perencanaan Strategis bagi Organisasi Nirlaba (Terjemahan). Jakarta (ID): Yayasan Obor Indonesia.

Amanda RP. 2011. Rancangan Pengukuran Kinerja di Yogya Bogor Junction dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID): IPB.

Annafi A. 2010. Perancangan Strategi dengan Perspektif Balanced Scorecard pada PT. Relife Realty Indonesia, Depok. Skripsi pada Program Sarjana Manajemen Penyelenggaraan Khusus, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID): IPB.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Atkinson AA, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young. 2007. Management Accounting.Edisi ke-5. New Jersey (USA): Pearson Prentice Hall.

Bastian I. 2007. Akuntansi untuk LSM dan Partai Politik. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.

Butler, A., Steve R. Letza and Bill Neale,1997. Linking the Balanced Scorecard to Strategy. Long Range Planning, Vol. 30,No. 2 pp. 242-253.

Broom, Johnson Kg. 2001. Stress and Animal Welfare. London (UK): Chapman and Hall.

David, Fred R. 2016. Manajemen Strategik – Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, Edisi 15, Jakarta, Salemba Empat.

Farid, D., Nejati, M., dan Mirfakhredini, 2008,Balance Scorecard Application In Universities and Higher Education Institutes: Implementation Guide In An Iranian Context ,Annals ofUniversity of Bucharest, Economics and Administrative Series.Nr. 2 (2008), hal. 31-45.

Gaspersz, Vincent, 2006, Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma – Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadiwinata BS. 2003. The Politics of NGOs in Indonesia : Developing Democracy and Managing a Movement. London (UK): Routhedge Curzon.

Hansen, Mowen. 2006. Akuntansi Manajemen. Buku 1. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Hermawan, S, 2008. Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Implementasi Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi VENTURA, Vol. 11, No. 2.

Ikhsan, A. dan I.B. Teddy, Prianthara. 2009. Akuntansi Untuk Manajer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Irsutami dan Chici Ramdhaniah. 2011. Pengembangan Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus Pada Politeknik Negeri Batam). Jurnal Penelitian. Politeknik Negeri Batam.

Kaplan, RS, DP Norton. 2012. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan oleh Peter R. Yosi Pasla dari Balanced Scorecard: Transalting Strategi Into Action. Erlangga..

Kaplan, R. and D. Norton. 1992. The Balanced Scorecard-Measures that drive performance. Harvard Business Review (Jan-Feb):71-79.

Kotler P. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta (ID): Bumi Aksara.

Marisah. 2010. Pengukuran Kinerja Koperasi Peternakan Sapi Bandung Utara (KPSBU) Jawa Barat Melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID): IPB. 88.

Mulyadi, 2015. Balanced Scorecard: Alat Kontemporer untuk Melipatgandakan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Pearce J, RB Robinson Jr. Strategic Management: Strategy Formulation, Implementation, and Control. Chicago (USA): R. D. Irwin, Inc.

Permana, D. 2006. Perencanaan Strategi dalam Perspektif Balanced Scorecard pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Cisurupan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Skripsi pada Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID): IPB.

Pramadhany, WEY. 2011. Penerapan Metode Balanced Scorecard sebagai Tolok Ukur pada Organisasi Nirlaba (Studi Kasus pada Rumah Sakit Bhayangkara Semarang). Skripsi pada Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro. Semarang (ID): Undip.

Rangkuti, F. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta (ID): PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saaty TL.1993. Pengambilan Keputusan bagi para Pemimpin. Jakarta (ID): PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Salim, A. 2006. Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Steiner GA, John B Miner. 1997. Kebijakan dan Strategi Manajemen.Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.

Surahman AF. 2011. Identifikasi Masalah dan Strategi Konservasi Kawasan Goa Pawon, Kawasan Karst Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Skripsi pada Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID): IPB.

Suwarno, AI. 2003. Analisis Manajemen Strategik dalam Perspektif Balanced Scorecard dan Pengambilan Keputusan Inisiatif Strategik dengan Proses Hirarki Analitik pada PT. Supa Fajar Mas, Bogor. Skripsi pada Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID): IPB.

Umar H. 2005. Strategis Management in Action. Jakarta (ID): PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar H. 2008. Metode Riset: Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta (ID): PT. Raja Grafindo Persada.

Yuwono S. 2002. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard: Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Jakarta (ID): PT. Gramedia Pustaka Utama.

----------------------------------. 1996. Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System. Boston: Harvard Business Review.

----------------------------------. 2004. Strategy Maps: Converting Intangible Assets into Tangible Outcomes. Boston: Harvard Business School Press.

Machasin, dkk. 2011. Strategi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Berbasis Balanced Scorecard. Walisongo, Vol.19 (2), 483-510.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

------------------. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung

------------------. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard: Alat Manajemen kontemporer untuk pelipat ganda kinerja perusahaan. Jakarta:Salemba Empat.

--------. 2009. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Moh. Nazir. Ph.D, 2005, Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor. Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nayeri, M. D., Mashhadi, M. M. & Mohajeri, K. (2008). Universities Strategic Evaluation Using Balanced Scorecard, World Academy of Science, Engineering and Technology, 37, 316-321

Niven, R. Paul, 2006. Balanced Scorecard Step-by Step: Maximizing Performance and Maintaining Results. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Prabowo, Harjanto. Implementasi IT Balanced Scorecard di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007, 59-62.

Prasetyo, Tri, Widdy, Vinsensius. 2009. Balanced Scorecard Sebagai Aplikasi Dalam Perencanaan Strategi Perguruan Tinggi (Studi Teoritis pada Program Studi Teknik Industri Universitas Widya Mandala Madiun), Jurnal Ilmiah Widya Warta, Vol 33, No 1 (2009).

Rohm, H. and L. Halbach. 2005.White Paper: Developing and Using Balanced Scorecard Performance System. Balanced Scorecard Institute.

Soegoto, Eddy Soeryanto, 2011. Penerapan Manajemen Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Majalah Ilmiah Unikom, Vol. 6, No. 2, 131-142.

Sutic, Ines. And Jurcevic. Marija. Strategic Management Process And Enhancement Of Quality In Higher Education. Poslovna Izvrsnost Zagreb, God. VI (2012) BR. 1, 147-176

VanWynsberghe, R., & Khan, S. 2007. Redefining case study. International Journal of Qualitative Methods, 6(2), Article 6. Retrieved [date] from http://www.ualberta.ca/~iiqm/backissues/6_2/vanwynsberghe.htm

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Medianson, M., Danes Jaya Negara, Fitria Husnatarina, Lelo Sintani, Meitiana, M., & Luluk Tri Harinie. (2023). Perancangan Balanced Scorecard Sebagai Alat Penentuan Strategi : Studi Kasus Pada Sub Bagian Non PNPB Universitas Palangka Raya. Edunomics Journal, 4(2), 236–244. https://doi.org/10.37304/ej.v4i2.10463

Most read articles by the same author(s)