KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN PADA SEKOLAH SWASTA EFEKTIF DI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Rianae FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Teti Berliani FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Erenfried Dagau FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1686

Keywords:

Kepemimpinan, Kepala Sekolah Perempuan, Sekolah Efektif.

Abstract

Abstrak: Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMP Kristen Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pola interaktif data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kepemimpinan dalam mewujudkan sekolah efektif bukan ditentukan oleh karakteristik gender. Kunci keberhasilan kepala sekolah perempuan dalam mewujudkan sekolah efektif ditentukan oleh kemampuannya dalam merancang dan merealisasikan visi dan misi serta tujuan sekolah serta kemampuanya dalam mengelola sekolah dengan efektif melalui pendayagunaan seluruh potensi yang dimiliki sekolah serta jalinan kerjasama yang sinergis dengan stakeholders sekolah.

Abstract: In general, this study aims to describe the leadership of the female school principal at Palangka Raya Christian Middle School. This research is a qualitative research with a case study design. Data collection procedures using observation, in-depth interviews and study of documentation. Data analysis using interactive data patterns. Data validity was checked by triangulation and member check methods. The results showed that the effectiveness of leadership in realizing effective schools was not determined by gender characteristics. The key to the success of female school principals in realizing an effective school is determined by their ability to design and realize the vision and mission and goals of the school as well as their ability to manage schools effectively through the utilization of all the potential of the school as well as synergistic collaboration with school stakeholders.

References:

Fadhli, M. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Menciptakan Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 23-44.

Fauzuddin. (2011). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Diterima dari http://repository.um.ac.id/63845/.

Growe, R., & Montgomery, P. (2000). Women and the Leadership Paradigm: Bridging the Gender Gap. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/242783132_ Women_and_the_leadership_paradigm_bridging_the_gender_gap.

Handayani, T. (2005). Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kartono, K. (2002). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Pemimpin Abnormal Itu?. Jakarta: CV. Rajawali.

Komariah, A., & Triatna, C. (2010). Visionary Leadershp Menuju Sekolah Efektif. Bandung. Bumi Aksara.

Kristiyanti, E. I., & Muhyadi. (2015). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 37-49. doi: https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6270.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Lunenburg, F. C., & Ornstein, A. C. (2004). Educational Administration Concepts and Practices. Fourth Edition. Australia: Thomson Wadsworth. 

Macbeath, J., & Mortimore, P. (2005). Improving School Effectiveness: Memperbaiki Efektivitas Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Mardiah, A. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Administrasi dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 1-7. doi: 10.31219/osf.io/9zrfm.

Marhawati, B. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan pada Sekolah Efektif. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 122-127.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moerdiyanto, (2007, 22-24 June). Manajemen Sekolah Indonesia yang Efektif Melalui Penerapan Total Quality Management. Paper presented at IMEC 2007, Bayview Beach Resort, Penang, Malaysia. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ penelitian/Drs.%20Moerdiyanto,%20M.Pd./ARTIKEL%20MANAJEMEN%20SEKOLAH%20EFEKTIF.pdf.

Muhlifah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48-63.

Mutjahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN-Maliki Press.

Nurdin. (2011). Manajemen Sekolah efektif dan Unggul. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1), doi: https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6387.

Sagala, S. (2008). Administrasi Pendidikan Komtemporer. Bandung: Alfabeta.?

Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saroni, M. (2006). Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten. Jogjakarta: Ar- Ruzz.

Scheerens, J. (1992). Effective Schooling Research: Theory and Practice. London: Cassell.

Shannon, G. S., & Bylsma, P. (2007). Nine Characteristics of High-Performing Schools: A Research-Based Resource for Schools and Districts to Assist with Improving Student (2nd Ed.). Olympia, WA: OSPI.

Teddlie, C., & Stringfield, S. C. (1993). Schools Make a Difference: Lessons Learned from a 10 Years Study of School Effect. New York: Teachers’ College Pres.

The Conversation. (2020). Kepala Sekolah Perempuan di Indonesia: Saat Ini Masih Sedikit dan Kita Butuh Lebih Banyak. Diterima dari https://theconversation.com/kepala-sekolah-perempuan-di-indonesia-saat-ini-masih-sedikit-dan-kita-butuh-lebih-banyak -137622.

Umar, N. (2001). Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Paramadina.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uyung, S. (2004). Manajemen Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wardani, A., Munandar, M. A., & Makmuri. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi di SMAN 12 Semarang). Unnes Civic Education Journal, 2(2), 8-15. Diterima dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej/article/view/2166.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-21

How to Cite

Rianae, Berliani, T., & Dagau, E. (2020). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN PADA SEKOLAH SWASTA EFEKTIF DI KOTA PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1686

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>