MANAJEMEN PROGRAM IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA

Authors

  • Ina Susiana FKIP Universitas Palangka Raya
  • Slamet Winaryo FKIP Universitas Palangka Raya
  • Aprianto FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3796

Keywords:

Manajemen, Program Iman dan Taqwa (IMTAQ), Penguatan Pendidikan Karakter, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Program IMTAQ sebagai Ppenguatan Pendidikan Karakter Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data meliputi: Kepala Sekolah, Koordinator Program IMTAQ, serta Guru dan Siswa. Analisis data melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program IMTAQ telah terlaksana dan terorganisir dengan baik, mulai dari perencanaan program IMTAQ yang dilaksanakan secara terjadwal setiap awal tahun pelajaran; kemudian, dilakukan penetapan SK serta struktur organisasi koordinator program IMTAQ beserta anggotanya. Proses pengawasan dilakukan langsung oleh Kepala Sekolah yang berkoordinasi dengan koordinator program IMTAQ. Terkait dengan hambatan dalam manajemen program IMTAQ, secara keseluruhan dapat diatasi oleh pihak pengelola program IMTAQ dan sekolah; serta dampak dari adanya program IMTAQ di sekolah yakni memberikan perubahan yang signifikan bagi siswa terutama dalam sikap siswa yang menjadi lebih baik.

Abstract: This study aims to describe IMTAQ Program Management as Strengthening Student Character Education. This research is a qualitative research. Collecting data through: observation, interviews, and documentation studies. Data sources include: Principals, IMTAQ Program Coordinators, and Teachers and Students. Data analysis went through the stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the management of the IMTAQ program had been implemented and well organized, starting from the planning of the IMTAQ program which was carried out on a scheduled basis at the beginning of the school year; then, the decision was made and the organizational structure of the IMTAQ program coordinator and its members was determined. The supervision process is carried out directly by the Principal in coordination with the IMTAQ program coordinator. Regarding the obstacles in the management of the IMTAQ program, overall IMTAQ program managers and schools can overcome them; and the impact of the IMTAQ program in schools, namely providing significant changes for students, especially in students' attitudes for the better.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fattah, A. (2018). Implementasi Program IMTAQ dalam Menunjang Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2): 87-100.

Fitriani, I., & Saumi, A. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter melalui Program IMTAQ dalam Membentuk Kepribadian Siswa. El Midad, 10(2), 75–97.

Ismaya. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurniadin, D., & Machali, I. (2016). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maisaro, A, Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3):302–12. Doi: 10.17977/um027v1i32018p302.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi aksara.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pendidikan.

Raco, R. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Rahmat. (2016). PAI Interdidipliner (Layanan Khusus CIBI, Kenakalan Remaja, Integrasi IMTAQ &IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan, dan Kurikulum Berbasis Karakter). Yogyakarta: Deepublish.

Rohman, M., & Amri, S. (2012). Manajemen pendidikan Analisis dan Solusi terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Uno, H. B. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuswardana. (2016). Pendidikan Berwawasan IMTAQ di SMAN 1 Pleret. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 4(5): 443-456.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Susiana, I., Winaryo, S. ., & Aprianto. (2022). MANAJEMEN PROGRAM IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA. Equity In Education Journal, 4(1), 24–29. https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3796