PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.37304/eej.v6i2.16781Keywords:
Influence, Implementation of Merdeka Curriculum, Learning Quality, SMPN 6 Palangka Raya.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap kualitas pembelajaran di kelas VII pada SMPN 6 Palangka Raya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian guru yang mengajar kelas VII di SMPN 6 Palangka Raya tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah sampelnya 25 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana dari Y= a + bX adalah Y = 55,165 + 0,403X. Nilai konstanta (a) adalah 55,165. Nilai koefisien regresi variabel penerapan kurikulum merdeka (b) adalah 0,403. Dari hasil uji hipotesis didapatkan 3,618 > 1,713 sehingga Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini menunjukkan bahwa variabel penerapan kurikulum merdeka berpengaruh positif terhadap kualitas pembelajaran di kelas VII pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Palangka Raya sebesar 36,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Downloads
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BSKAP Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian: Dilengkapi analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Khoirurrijal, F., Fadriati, S., Makrufi, A., Gandi, S., & Muin, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran abad ke-21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 124–136.
Kurniawan, M. A., Falah, S., & Sani, D. M. (2023). Pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadap kinerja guru di SMA Ibnu Aqil Bogor. Jurnal Dialogika: Manajemen dan Administrasi, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.31949/dialogika.v5i1.7485
Nafissa, F. (2023). Pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Jurnal Elemen Pendidikan, 9(1), 65–80.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Ruswan, A., Rosmana, P. S., Oktafrina, A., Rahmawati, A., Apriliani, D., Nurfaoziah, K., Fatimah, R., & Zahra, V. N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31676–31684.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanal, A. N., & Risma, R. (2022). Desain dan implementasi Kurikulum Merdeka dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di UPT SMA Negeri 6 Palopo. Jurnal Konsepsi, 10(4), 463–475.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amellya Maretta Savitri, Slamet Winaryo, Christian Radiafilsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.