MANAJEMEN HUMAS DALAM PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI JURUSAN PERHOTELAN SMKN 3 PALANGKA RAYA

Authors

  • Wahyu Wisnu Setiawan FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Slamet Winaryo FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Teti Berliani FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3119

Keywords:

Manajemen, Humas, Program Praktik Kerja Industri, Perhotelan, SMKN 3 Palangka Raya.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat (Humas) dalam Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Jurusan Perhotelan di SMKN 3 Palangka Raya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Sumber data penelitian meliputi: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, dan Ketua Program Keahlian Perhotelan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen Humas dalam pelaksanaan Program Prakerin yang dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan yaitu meningkatkan kompetensi siswa dan lulusan yang sesuai kebutuhan Dudi bidang perhotelan.

Abstract: This study aims to describe the Management of School and Community Relations (Humas) in the Industrial Work Practice Program (Prakerin) in Hospitality Departemen at SMKN 3 Palangka Raya. The research uses a qualitative approach and case study design. Sources of research data include: Principal, Deputy Principal for Public Relations, and Chair of the Hospitality Expertise Program. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. Validation of research data using triangulation technique. The results showed that the management of Public Relations in the implementation of the Prakerin Program which was carried out through the stages of planning, organizing, implementing, monitoring and evaluating, went well in achieving the goal of increasing the competence of students and graduates according to Dudi's needs in the hospitality sector.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi., & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daryanto. (2001). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, O. U. (2002). Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, M. S. P. (2014). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawanda, G., & Bachtiar. (2020). Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat di SMK Negeri Makassar. Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan, 1(1).

Kusumatuti, F. (2002). Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat. Jakarta Selatan: Ghalia Indonesia.

Minarti, S. (2016). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong. L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2010). Manajemen Administrasi dan Organisasi. Solo: Ar-Ruzz.

Nasution, Z. (2010). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan (Konsep, Fenomena dan Aplikasinya). Malang: UMM Press.

Noer, F. (2014, 13-14 November). Pemantapan Keterampilan Siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh Melalui Kegiatan Prakerin. Makalah disajikan pada Konvensi Nasional APTEKINDO VII, FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Diterima dari http://repository.unesa.ac.id/sysop/files/2021-06-22_Prosiding:%20Pengembangan% 20Modul_puput%20wanarti.pdf.

Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Purwanto, M. N. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Siagian, S. P. (2003). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, S. P. (2007). Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta. Bumi Aksara.

Slameto. (1988). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Manajemen Pendidikan Kejuruan. Yogayakarta: Fakultas Teknik. Diterima dari http://eksis.ditpsmk.net/uploads/book/file/0773E9DA-AD01-4A95-B744-10C573BD1550/ Manajemen_Pendidikan_2016_.pdf.

Suryosubroto. (2012). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (School Public Relation). Jakarta: Rineka Cipta.

Terry, G. R. (1993). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wena, M. (1997). Pemanfaatan Industri sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(10).

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Setiawan, W. W., Winaryo, S., & Berliani, T. (2021). MANAJEMEN HUMAS DALAM PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI JURUSAN PERHOTELAN SMKN 3 PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(2), 132–137. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3119

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>