MANAJEMEN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMPS GOLDEN CHRISTIAN SCHOOL PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2386Keywords:
Manajemen, Kurikulum Cambridge, SMPS Golden Christian School, Palangka RayaAbstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Cambridge di SMPS Golden Christian School Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, dan Guru- guru Cambridge dari ketiga Mata Pelajaran (IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris). Analisis data menggunakan pola interaktif data, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan derajat kepercayaan melalui teknik triangulasi baik sumber maupun metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum Cambridge yang dikelola dengan baik memberikan dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPS GCS Palangka Raya.
Abstract: The research aims to describe the Cambridge Curriculum Management at the Golden Christian Middle Private School Palangka Raya. This study used a qualitative approach with case study design. Collecting data using observation techniques, interviews, and study documentation. Sources of data in this study include: Principal, Deputy Principal of the Curriculum Section, and Cambridge Teachers for that three Subjects (Science, Mathematics, and English). Data analysis using interactive data model, includes: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity was checked by using a degree of confidence through triangulation techniques, both sources and methods. The results of this study indicate that the application of the Cambridge curriculum which is well managed has a positive impact in improving the quality of education at the GCS Private Middle School Palangka Raya.
Downloads
References
Adriyanto, H. (2018). Sekolah Indonesia Terapkan Kurikulum Cambridge International. Diterima dari: https://www.beritasatu.com/heru-andriyanto/nasional/503925/218-sekolah-indonesia-terapkan-kurikulum-cambridge-international
Afandi, I. (2017). Perencanaan Kurikulum dan Pembelajaran. Diterima dari: http://irfanafandi93.blogspot.com/2017/09/perencanaan-kurikulum.html
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Cambridge International Examinations (CIE). (2015). Cambridge Propectus 2014/15. London: University of Cambridge.
Cambridge International Examinations (CIE). (2016). Cambridge Primary. London: University of Cambridge.
Dwi, R. (2017). Implementasi Kurikulum Cambridge Pada Sistem Pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Diterima dari: file:///C:/Users/ACER%20PC/Downloads/28717-33464-1-PB.pdf
Elizabeth, M. (2014). Implementasi Kurikulum Internasional Cambridge dan Dampaknya terhadap Pengelolaan Pembelajaran Biologi: Studi Kasus Di Saint John’s Catholic School Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA.Yogyakarta: Ar-Russ Media.
Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamid, H. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Herikonia, H. (2016). Peranan Kurikulum. Diterima dari: http://hanaherikonia.blogspot.com/2016/02/peranan-kurikulum_31.html.
Jelita, W. (2018). Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Pembelajaran Matematika. Diunduh pada tanggal 1 September 2020. Diterima dari: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/viewFile/ 23925/21866.
Marimba, D. A. (1987). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al Ma’arif.
Maxmanroe. (2017). Pengertian Sekolah. Diterima dari: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-sekolah.html.
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulki, T., Zulfathan., & Rameli, A. (2016). Pelaksanaan Kurikulum. Diterima dari: http://lsmnur.blogspot.com/2016/05/bagaimana-melaksanakan-kurikulum.html.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nafisah, N. F. (2018). Implementasi Kurikulum Cambridge di SD Islam Internasional Al-Abidin Surakarta dan SD Integral Walisongo Sragen. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, 1(2), doi: https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Rohman, M., & Amri, S. (2015). Analisis dan Solusi terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wedan, M. (2018). Evaluasi Kurikulum Beserta Evaluasinya. Diterima dari: https://silabus.org/evaluasi-kurikulum-beserta-implementasinya/
Widjanarko, J., & Budiyono. (2018). Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PGSD. Diterima dari: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23925.
Widyastono, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Bertaraf Internasional. Diterima dari: https://media.neliti.com/media/publications/119419-ID-pengembangan-kurikulum-sekolah-bertaraf.pdf.
Widyastono, H. (2014). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lenna Sinaga, Teti Berliani, Piter Joko Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.