IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI UPBJJ-UT PALANGKA RAYA

Authors

  • Aubert Simatupang Universitas Palangka Raya
  • Slamet Winaryo FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Christian Radiafilsan FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3080

Keywords:

Manajemen, Pembelajaran Jarak Jauh, UPBJJ-UT, Palangka Raya.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di UPBJJ-UT Palangka Raya. Penelitian merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Sumber data meliputi: Kepala UPBJJ-UT Palangka Raya, KASUBAG, Koordinator Regijan, Koordinator BBLBA, dan Mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan PJJ dilakukan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana, kurikulum, sumber daya manusia, anggaran; (2) Pengorganisasian PJJ sudah berjalan dengan baik, semua sudah terprogram dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing; (3) Pelaksanaan PJJ sudah berjalan dengan baik dengan adanya kalender akademik dan SOP yang ditetapkan, (4) Pengawasan PJJ meliputi: pegawasan harian, mingguan, bulanan, tahunan dan pengawasan internal UT pusat, (5) Evaluasi PJJ yang dijalankan sudah terlaksana dengan baik dengan ketercapaian program, sasaran kualitas, tingkat kepuasan mahasiwa; dan (6) Kendala dalam pelaksanaan PJJ meliputi jaringan internet yang belum merata di Provinsi Kalimantan Tengah, sedangkan faktor pendukung adanya perwakilan UPJJJ pada setiap daerah kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

Abstract: This study aims to describe the Implementation of Distance Learning Management (PJJ) at UPBJJ-UT Palangka Raya. This research is a case study qualitative research. Data sources include: Head of UPBJJ-UT Palangka Raya, KASUBAG, Regijan Coordinator, BBLBA Coordinator, and Students. The results of this study indicate that: (1) PJJ planning is carried out by preparing facilities and infrastructure, curriculum, human resources, budget; (2) PJJ organization has been running well, all have been programmed with their respective duties and responsibilities; (3) PJJ implementation has been going well with the academic calendar and SOPs set, (4) PJJ supervision includes: daily, weekly, monthly, annual and central UT internal supervision, (5) PJJ evaluation that has been carried out has been carried out well with program achievement, quality targets, student satisfaction levels; and (6) Obstacles in implementing PJJ include the internet network that is not evenly distributed in Central Kalimantan Province, while the supporting factors are the presence of UPJJJ representatives in each district in Central Kalimantan Province.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Samino., & Marsudi. (2010). Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz. Media.

Siagian, S. P. (1994). Organisasi, Kepemimpinan, Perilaku Administrasi. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Siagian, S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Djati, J., & Suprihanto, J. (1998). Manajemen Umum: sebuah Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Simatupang, A., Winaryo, S. ., & Radiafilsan, C. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI UPBJJ-UT PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3080

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>