MANAJEMEN PERPUSTAKAAN TERAKREDITASI

Authors

  • Monika Ayu Putri FKIP Universitas Palangka Raya
  • Piter Joko Nugroho FKIP Universitas Palangka Raya
  • Sumarnie FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3484

Keywords:

Manajemen, Perpustakaan Terakreditasi, SMA Muhammadiyah 1, Palangka Raya.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Perpustakaan Sekolah Terakreditasi. Penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Melalui teknik purposive sampling ditetapkan sumber data dalam penelitian ini, meliputi: Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Tenaga Administrasi Perpustakaan dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pola interaktif data, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah yang dikelola dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang baik, mampu menjadikan perpustakaan sekolah SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya sebagai sekolah pertama di Kota Palangka Raya yang berhasil meraih akreditasi tingkat nasional serta berbagai raihan prestasi di tingkat provinsi maupun nasional.

Abstract: This study aims to describe the Accredited School Library Management. This qualitative research with a case study design was carried out at SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Through purposive sampling technique, the data sources in this study were determined, including: Principals, Heads of Libraries, Library Staff, Library Administration Staff and Students. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation studies. Data analysis used an interactive pattern of data, including: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. Validation of data using source triangulation technique. The results showed that the school library, which was managed by implementing good management functions, was able to make the Muhammadiyah 1 Palangka Raya high school library the first school in Palangka Raya City to achieve national level accreditation and various achievements at the provincial and national levels.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bryson, J. (1991). Effective Library and Information Centre Management. Journal of Librarianship and Information Science, 23(2).

Burhan, M. (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Danim, S., & Danim, Y. (2011). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Iskandar. (2016). Manajemen dan Budaya Perpustakaan. Bandung: Refika Aditama.

Lasa, H. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.

Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) (2019). Hasil Evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Perpustakaan Sekolah/Madrasah.

Pransiska, T. (2017). Perpustakaan sebagai Media dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab: Antara Peluang dan Tantangan. Jurnal At-Tafkir, 10(1).

Rahmah, N., & Fanani, Z. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani.

Rodin, R., Retnowati, D. A., Sasmita, Y. P. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah pada Perpustakaan Ceria SMAN 1 Rejang Lebong. The Light: Journal of Librarianship and Information Science, 1(1). 1-11.

Saarti, J., Luokkanen, S., Ahlqvist, A., & Lager, L. (2015). Towards a New Library System. Library Management, 36(1), 2.

Saleh, A. R. (2006). Pengantar Kepustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Saufa, A. F. (2019). Pengorganisasian Perpustakaan. Diterima dari: https://www.academia.edu/ 6828700/PENGORGANISASIAN_PERPUSTAKAAN.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Sularsih. (2013). Akreditasi Perpustakaan Nasional. Jakarta: Perpusnas.

Yogista, I. (2018). Manajemen Perpustakaan Sekolah (Studi Pada Perpustakaan SMAN 8 Malang). Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya Malang. Diterima dari: http://repository.ub.ac.id/9812/.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Putri, M. A., Nugroho, P. J., & Sumarnie. (2022). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN TERAKREDITASI . Equity In Education Journal, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3484

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>