HUBUNGAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Muhamat Akbar Universitas Palangkaraya
  • Erenfried Dagau FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Dagai L. Limin FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2687

Keywords:

Kinerja, Guru, Prestasi Belajar Siswa, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa SMA 1 Muhammadiyah Palangka Raya. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru yang mengajar pada kelas XII IPS II sejumlah 15 orang, yang selanjutnya ditetapkan sebagai sampel total. Pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Analisis data menggunakan korelasi Spearman dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa kelas XII di SMA 1 Muhammadiyah Palangka Raya. 

Abstract: This study aims to determine the relationship between teacher performance and student achievement at SMA 1 Muhammadiyah Palangka Raya. The population in this study were all 15 teachers who taught in class XII IPS II, which were then designated as the total sample. Data analysis used Spearman correlation with the help of the IBM SPSS version 20 application. The results showed that there was a relationship between teacher performance and student learning outcomes in class XII in SMA 1 Muhammadiyah Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kunandar. (2007). Guru Professional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1).

Nurdin, M. (2008). Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sarwono, J. (2009). Memadu Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif: Mungkinkah?. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 9(2).

Suayib, L., Anas, M., & Arisona. (2020). Hubungan Kinerja Guru dengan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA se Kota Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2).

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumantri, K. (2015). Kompetensi, Profesional Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Diterima dari http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3163/.

Usman, M. U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusmiati. (2019). Hubungan Antara Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Kompetensi Dasar Hakikat Demokrasi Kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1).

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Akbar, M. ., Dagau, E. ., & Limin, D. L. . (2021). HUBUNGAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(2), 163–168. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2687