PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI SMA NEGERI DI KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1552Abstract
Abstract: The purpose of this study is to comprehensively understand the effect of Perceived Organizational Support (POS) on Organizational Commitments of SMAN in Palangka Raya. This research uses quantitative methods. The sample of this study was 389 teachers who served at SMAN in Palangka Raya City. Data collection techniques with survey techniques through questionnaires. The data analysis technique used is descriptive and inferential analysis (hypothesis testing). Inferential analysis (hypothesis testing is used to test research hypotheses through path analysis). Based on the results of the analysis of research data it can be concluded that the POS has a direct positive effect on organizational commitment, so it can be interpreted POS accuracy perceived by teachers has an impact on increasing the commitment of teacher organizations Public High Schools in the City of Palangka Raya.
Keywords: Perceived Organizational Support, Organizational Commitment, SMAN Palangka Raya
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara komprehensif pengaruh dari Perceived Organizational Support (POS) terhadap Komitmen Organisasi SMAN di Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 389 orang guru yang bertugas di SMAN di Kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dengan teknik survey melalui penyebaran angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif dan analisis inferensial (uji hipotesis). Analisis inferensial (uji hipotesis digunakan untuk menguji hipotesis penelitian melalui jalur analisis alur (Path Analysis). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan disimpulkan bahwa POS berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi; sehingga dapat diartikan ketepatan POS yang dirasakan guru berdampak pada peningkatan komitmen organisasi guru SMA Negeri se-Kota Palangka Raya.
Kata Kunci: Perceived Organizational Support, Komitmen Organisasi, SMAN Palangka Raya
References:
Colquitt, J., Lepine, J., & Wesson, M. (2009). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Worplace. New York: McGraw-Hill Companies Inc.
Eisenberger, R., & Huntington, R. (1986). Perceived Organizational Support. Journal of Applied Psychology, (71)3.
Giraldi, N. V. N. (2017). Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Intervening pada Karyawan Bidang Transmisi Distribusi PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Skripsi, tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya.
LaMastro. V. (1999). Commitmen and Perceived Organizational Support”.National Forum of Applied Educational Research Journal, (12)2.
Newstrom, J. W., & Davis, K. (2012). Organizational Behavior(New York: International Edition, Inc.
Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2012). Management. United States: Pearson Education, Inc.
Slocum. J. W., & Hellriegel, D. (2011). Principles ofOrganizational Behavior. South-Western: Cengage Learning.
Soleh, A. R. (2018). Hubungan Persepsi Dukungan Perceived Organizational Support dengan Komitmen Organisasi pada Pegawai BLU UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi, tidak dipublikasikan, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Uc?ar, D., & O?tken, A. B. (2010). Perceived Organizational Support and oOganizational Commitment: The Mediating Role of Organization Based Self-Esteem. Dokuz Eylu?l U?niversitesi I?ktisadi ve I?dari Bilimler Faku?ltesi Dergisi,(5)85-105. www.dergi.iibf.deu.edu.tr.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.