MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DUTA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8285Keywords:
Manajemen, Ekstrakurikuler, Duta Sekolah, SMAN 2 Palangka Raya.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Ekstrakurikuler Duta Sekolah pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palangka Raya di Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sumber data yaitu: kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler duta sekolah, ketua ekstrakurikuler duta sekolah, dan duta sekolah (putra dan putri). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan Ekstrakurikuler Duta Sekolah yaitu: penentuan pembina ekstrakurikuler duta sekolah, perencanaan pemilihan duta sekolah, penyusunan rencana program kegiatan ekstrakurikuler duta sekolah, penetapan bentuk kegiatan ekstrakurikuler duta sekolah, dan penentuan dana untuk pelaksanaan program kerja ekstrakurikuler duta sekolah. 2) Pengorganisasian Ekstrakurikuler Duta Sekolah yaitu: kepala sekolah sebagai penasihat, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan sebagai penanggung jawab ekstrakurikuler, guru pembina ekstrakurikuler duta sekolah, ketua ekstrakurikuler duta sekolah, duta sekolah dan atribut duta sekolah lainnya sudah baik dalam melaksanakan tugasnya. 3) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Duta Sekolah yaitu: terdiri dari program kegiatan wajib dan tambahan yang secara keseluruhan pelaksanaan berjalan dengan baik. 4) Pengawasan Ekstrakurikuler Duta Sekolah yaitu: dilakukan secara langsung oleh guru pembina ekstrakurikuler duta sekolah bekerja sama dengan stakeholder sekolah agar duta sekolah dapat di jaga perannya sesuai dengan aturan sehingga tidak terjadi penyimpangan.
Downloads
References
Ariani, D. (2015). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka. Manajer Pendidikan, 9(1), 65-74.
Gartland, C. (2014). Student Ambassadors: ‘Role-Models’, Learning Practices and Identities. British Journal of Sociology of Education, 36(8), 1192-1211. doi: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/01425692.2014.886940
Lumbanraja, W. S., Nugroho, P. J., & Winaryo, S. (2022). Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Equity in Education Journal, 4(1), 30–35. doi: https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3421
Marlina, S. (2018). Manajemen Layanan Usaha Kesehatan Madrasah Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Skripsi tidak Dipublikasikan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nowo, B. P. A. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Rina Mitra Raharja Cabang Cirendeu. Skripsi tidak Dipublikasikan. Tangerang: Universitas Pamulang. Diterima dari https://repository.unpam.ac.id/7080/.
Nurdiana, M., & Prayoga, A. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Madrasa: Journal of Islamich Education Management, 1, 9-15. doi: https://doi.org/10.32940/mjiem.v1i0.2
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler.
Rozak, A. A. (2020). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Kedisiplinan Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran, Bae, Kudus. Skripsi tidak Dipublikasikan. Kudus: IAIN Kudus. Diterima dari http://repository.iainkudus.ac.id/4356/1/1.%20COVER%20-%20KATA%20 PENGANTAR.pdf.
Septiana, U. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas XI SMA N 1 Waway Karya Lampung Timur. Skripsi tidak Dipublikasikan. Metro: IAIN Metro. Diterima dari https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1681/1/SKRIPSI%20UPI%20SEPTIANA%20NPM.%2014115771.pdf
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Ubaidah, S. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5, 150-161. Diterima dari https://media.neliti.com/media/publications/56738-manajemen-ekstrakurikuler-dalam-meningka-01779db1.pdf.
Ylonen, A. (2010). The Role of Student Ambassadors in Higher Education: An Uneasy Association Between Autonomy and Accountability. Journal of Further and Higher Education. Journal of Further and Higher Education, 34(1), 97-104. doi: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/03098770903477136
Yuniarsyah, R. (2014). Pengelolaan Pelaksanaan UKS di SMP Negeri/MTs Negeri di Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun 2014. Skripsi tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diterima dari http://lib.unnes.ac.id/21802/1/6101408067-S.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rika Lenny, Widiharto Purnomo, Christian Radiafilsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.