MANAJEMEN KELAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • Widiharto Purnomo FKIP Universitas Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v4i2.5427

Keywords:

Manajemen kelas, Proses, Kualitas Belajar Mengajar.

Abstract

This study aims to identify and describe classroom management, in terms of: (1) planning, (2) organizing, (3) actuatin/implementing, and (4) controlling, as an effort to improve the quality of the teaching and learning process. Using a qualitative approach, data were collected using interview, observation, and documentation techniques. The data sources in this study were the Principal and 10 Teachers. Data analysis in this study uses an interactive model through the stages of data condensation, data presentation, and drawing conclusions (Miles et al, 2014). Validation of the data in this study using source triangulation techniques. Results showed that in general the classroom management implemented at SMPN 2 Palangka Raya went well and was able to improve the quality of the teaching and learning process as well as have an impact on improving student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Aprilia, B. F., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 434-449.

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan Kelas sebagai Determinan terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 149-157. doi: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11759

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dewi, K. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Pemberian Reward terhadap Minat Belajar melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Kristen Petra 9 Surabaya. Tesis Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.

Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasinya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Heliza, N. (2020). Problematika Guru dalam Mengelola Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqqin Simpang Sungai Duren Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi tidak Dipublikasikan. Jambi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Jumaena. (2018). Manajemen Kelas Guru Profesional pada Sekolah Favorit di Kabupaten Gowa (Studi pada Sekolah dengan Kelas Padat). Diterima dari: http://eprints.unm.ac.id/12656/1/ARTIKEL.pdf.

Karwati, E., & Priansya, D.J. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Khairunnisa, L. A. (2020). Pelaksanaan Manajemen Kelas SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Skripsi tidak Dipublikasikan. Semarang: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhlison. (2014). Guru Profesional (Sebuah Karakteristik Guru Ideal dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul Ilmi, 2(2), 46-60.

Mulyadi. (2009). Classroom Manajement Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan bagi Siswa. Malang: Aditya Media.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan Tarbawi, 4(1), 27-44. doi: http://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769.

Nugroho, P. J. (2012). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar pada Daerah Terpencil Daratan Pedalaman Kabupaten Gunung Mas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(6), 513-531. Diterima dari: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-23-no.-630-48.pdf.

Prihartini, Y., Wahyudi., Hasnah, N., & Ridha, M. Ds. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 79-88. doi: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Rosdiana., Nuryamin, Rasyid, M. R., & Afiif, A. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada MTS Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Lentera Pendidikan, 20(1), 112-126. doi: https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1i9

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Downloads

Published

2022-10-13

How to Cite

Purnomo, W. (2022). MANAJEMEN KELAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR. Equity In Education Journal, 4(2), 104–110. https://doi.org/10.37304/eej.v4i2.5427