PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X BUSANA 2
DOI:
https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7404Keywords:
Abstrak, media quizizz, hasil belajar siswaAbstract
Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks anekdot siswa kelas X Busana 2 SMK Negeri 3 Palangka Raya tahun 2021/ 2022, menggunakan aplikasi quizizz. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Palangka Raya berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi teks anekdot dengan media Quizizz. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), menggunakan model Kurt Lewin, terdiri dari empat komponen kegiatan yang dipandang sebagai satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa kelas X Busana 2 SMK Negeri 3 Palangka Raya yang rendah, dengan nilai rata-rata 64,82 sedangkan KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 70. Hasil belajar ini tentu sangat jauh dari harapan guru. Hasil belajar ini hanya menunjukkan nilai ketuntasan, 13 siswa yang tuntas dan 16 siswa tidak tuntas. Dengan memanfaatkan media Quizizz siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Pengambilan data dilakukan dengan lembar kerja pada media Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan media quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Busana 2 SMK Negeri 3 Palangka Raya dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Aini, Yulia. Isratul.2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25). Arsyad, A.
Asep Syamsul M. Romli.2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.
Abdul dan Sofyana.2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8 (1), 81-86
Christy, N. A. (2020). Revitalisasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia selama masa pandemi covid-19. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 1-15.
Handayani, Afifah Dwi.2021. Pengaruh Quizziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Kelas VIII di MTSN 1 Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia (Teori, Penelitian dan Inovasi).
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N.2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Hamzah B. Uno, dkk. 2011 Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara
Khair, U., & Misnawati, M. (2022). Indonesian language teaching in elementary school: Cooperative learning model explicit type instructions chronological technique of events on narrative writing skills from interview texts. Linguistics and Culture Review, 6, 172-184.
Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 7-17.
Mahmud, Marzuki.2012.Manajemen Mutu Perguruan Tinggi.Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Citra, C. A., & Rosy, B. (2020).
Mufarikha, M., & Darihastining, S. (2022, November). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 30-53).
Muriyana, T. (2022). Kajian Sastra Bandingan: Perbandingan Aspek Citraan (Imagery) Dan Makna Dalam Puisi ‘Peringatan’karya Wiji Thukul Dengan Puisi ‘Caged Bird’karya Maya Angelou. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.
Musyawir, M. (2022, November). Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (Studi Meta-Sintesis). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 15-29).
Nababan, V. D., Diman, P., & Cuesdeyeni, P. (2021). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 67-78.
Nurachmana, A., Purwaka, A., Supardi, S., & Yuliani, Y. (2020). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 57-66.
Oktarina, W., Syamsir, M. S., Hadijah, A., Wahyuni, S., & Arianti, P. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SLB Permata Bunda Kecamatan VII Koto Sungai Sariak. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 240-250.
Misnawati, M., Poerwadi, P., Veniaty, S., Nurachmana, A., & Cuesdeyeni, P. (2022). The Indonesian Language Learning Based on Personal Design in Improving the Language Skills for Elementary School Students. MULTICULTURAL EDUCATION, 8(02), 31-39.
Rahmatullah, A. S., & Ghufron, S. (2021). The Effectiveness Of'facebook'as Indonesian Language Learning Media For Elementary School Student: Distance Learning Solutions In The Era Of The Covid-19 Pandemic. MULTICULTURAL EDUCATION, 7(04), 27-37.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.
Salsabila, S., Syamsir, M. S., Putri, A. N., & Rahmayanti, A. (2022). ANALISIS DAMPAK PERKULIAHAN DARING (ONLINE) PADA SAAT PANDEMI TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.
Sukmah, N. Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.
Tim SMK Negeri 3 Palangka Raya. 2021.Buku Saku SMK Negeri 3 Palangka Raya.SMK Negeri 3 Palangka Raya
Tim SMK Negeri 3 Palangka Raya. 2021.Profil SMK Negeri 3 Palangka Raya.SMK Negeri 3 Palangka Raya
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Panduan Menggunakan Quizizz untuk Guru Indonesia Edisi Februari 2021
Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap MOT. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 74 tahun 2008 tentang guru diunduh dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4892/ pp-no-74-tahun-2008. diunduh pada tanggal 15 Agustus 2021 pukul 09.51
Pramana Putra, D. 2021. Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108–115.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.
Sari, C. G. N. K., & Arifin, Z. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Novel Kala Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad: Pendekatan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 94-107.
Setiani, F., & Arifin, Z. (2021). Nilai Edukatif Tokoh Burlian Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 1-12.
Shenita, A., Oktavia, W., Rahman, N. A., Irmareta, I. L., Subrata, H., Rahmawati, I., & Choirunnisa, N. L. (2022). PEMBELAJARAN SENI MUSIK BOTOL KACA BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.
Sitepu, K. H. B., Poerwadi, P., & Linarto, L. (2021). Realisasi Ilokusi Tindak Tutur Direktif Dalam Dialog Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Biologi di SMAK Santo Aloysius Palangka Raya. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 79-90.
Solikah, H. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020
Sukmah, N. 2021. Pengaruh media “quizziz” dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar biologi siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(September 2021), 154– 166.
Susi, S., Nurachmana, A., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (2021). Konflik Sosial Dalam Novel Nyala Semesta Karya Farah Qoonita. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 32-43.
Ulfa, N. R. A. 2020. Transformasi Novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini dan Gina S. Noer ke dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer (Kajian Ekranisasi). Skripsi. Makassar: Universitas muhammadiyah Makassar.
Warianie, L. (2020). Peranan Penting Guru, Orang Tua dan Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 16-29.
Warnita, S., Linarto, L., & Cuesdeyeni, P. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 45-55.
Wiyanto, M. S., Misnawati, M., & Dwiyanti, D. R. (2022). Penerapan Strategi Penolakan dalam Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris antara Guru dan Siswa di SMK PGRI 1 Jombang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3076-3084.
Yustinah.2018.Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Zahro, Aminatul.2014.Total Quality Management Teori & Praktik Manajemen untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan, Aminatul Zahro, Jokjakarta:Arruzmedia.