Meningkatan Hasil Belajar Structure Di Kelas Bahasa Inggris Dasar Program Studi S1 Manajemen Universitas Teknologi Surabaya Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW

Authors

  • Yanti Rahayuningsih Universitas Teknologi Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.8442

Keywords:

pembelajaran kooperatif type Jigsaw, structure, TOEFL, TPK

Abstract

Bahasa Inggris adalah keterampilan akademik wajib bagi setiap lulusan universitas dan dapat diukur dengan tes TOEFL, yang telah menjadi tolok ukur bahasa Inggris umum di universitas-universitas di Indonesia. Berdasarkan hasil tes TOEFL mahasiswa baru Universitas Teknologi Surabaya (UTS), diketahui skor struktural masih rendah dibandingkan dengan menyimak dan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan struktural kelas S1 Manajemen UTS dengan gaya belajar Cooperative Jigsaw. Penelitian ini juga mendeskripsikan proses pembelajaran tipe Jigsaw dan reaksi siswa terhadap metode tersebut. Alat penelitian berupa tes, observasi dan angket. Hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 4,5% dari 22 siswa dan bertambah menjadi 45% setelah siklus. Berdasarkan observasi dan angket juga menunjukkan bahwa indikator kinerja dan respon mahasiswa terhadap perkuliahan meningkat dari 67,46 % menjadi 81,81 %. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Amri, Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran (Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Aqib, Zainal, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yama Widya Azisah, Nur. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMK Wongsorejo Gombong (Skripsi, diunduh tgl 5 Feb 2018)

Brown, H. D., 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (Second Edition). San Francisco: San Francisco State University.

Burns, A., 2010. Doing Action Research in English Language Teaching: A Guide for Practitioners. Cambridge: The University of Cambridge.

Lie, Anita., 2005. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mardiana, 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA kls 5 SD Negeri 1 Kaur Selatan (Skripsi Penelitian, diunduh tgl 12 Januari 2018).

Murphy, Raymond, 2002. Essential Grammar in Use: A Self-Study Reference and Practice Book for Intermediate Students of English. Erlangga: Jakarta.

Phillips, Deborah, 2004. Longman Introductory Course for the TOEFL TEST. The Paper Test. Pearson Education, Inc. Longman.

Aunillah Maulida . 2013. Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Shalat Id melalui Model Jigsaw Di Kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. Kendal

Rangkuti, F. 1999. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus, Cetakan Keempat PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rahayuningsih, Yanti. 2018. Peningkatan Pencapaian Hasil Belajar Bahasa Inggris dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas XI SMA Bina Bangsa Surabaya. JFishum. UTS Vol 1 no3.

Rohim Ahmad.2010. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mahasiswa Asy Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak. Yogyakarta Ar Ruzz Media

Rohmawati. 2012. Implementasi Pembelaja ran Aktif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Penyesuaian Diri Mahluk Hidup Dengan Lingkungan di Kelas V MI Nurul Huda Bandarharjo Semarang Utara. Makalah Seminar Pelatihan Penulisan Skripsi, Semarang: IAIN Walisongo.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovative. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Sutama.2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK . Semarang: Surya Offset.

Sutrisno, 2005. Stastik Penelitian , Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovative-Progresive, Konsep Landasan dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Yanti Rahayuningsih. (2022). Meningkatan Hasil Belajar Structure Di Kelas Bahasa Inggris Dasar Program Studi S1 Manajemen Universitas Teknologi Surabaya Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 190–200. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.8442