Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Di SMAN 1 Pule Trenggalek
DOI:
https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.8424Keywords:
PJBL, Karya Ilmiah, SMAAbstract
Model pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang berupaya mengembangkan kompetensi dan keterampilan belajar melalui rangkaian kegiatan merencanakan, melaksanakan, dan menghasilkan produk tertentu yang dituangkan dalam wadah berupa proyek. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerepan model project based learning pada pembelajaran mengontruksi karya ilmiah di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pule Trenggalek. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini ialah dalam penerapan PjBL dapat digunakan dalam pembelajaran mengontruksi karya ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa yang dikatagorikan baik. Model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan motivasi dan ketekunan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Abidin, Y. (2014). Desaian Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. In Bandung: Refika Aditama.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. In Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 220–224. https://doi.org/10.1037/10522-098
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. In Bogor: Ghalia Indonesia.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Kosasih, E. (2016). Srategi Belajar dam Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. In Bandung: Yarama Widya.
Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).
Praptomo. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(4), 5–24.
Rahmawati, F. P. (2015). Menilik Keberadaan Bahasa (Sastra) Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 161–165. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/b itstream/handle/11617/6382/Fitri Puji Rahmawati.pdf?sequence=1&isAl lowed=y
Rati. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.
Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i 3.29752
Shofi, M. S. 2020. (2020). Modul pembelajaran SMA bahasa Indonesia Kelas XI: Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur- unsur dan isi karya ilmiah. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra, 16(4), 2013.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124–136.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. In Memahami Penelitian Kualitatif.
Suhartina. (2021). Menulis Karya Ilmiah: Bukan Hanya Sekadar Teori. In Pasuruan: Qiara Media.
Suyanto. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Guru di era Global. In Jakarta: Erlangga.
Zuraida, Z. (2022). Implementasi Model PjBL dalam materi mengonstruksi karya ilmiah di kelas XI SMA. Jurnal Reksa Bastra, 2(2).