Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Agrowisata Cipta Rasa Slamet Riyadi Di Kota Palangka Raya

Authors

  • Amoi Br Tobing Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Eti Dewi Nopembereni Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Pordamantra Pordamantra Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Eka Nor Taufik Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis
  • Tri Prajawahyudo Universitas Palangka Raya Prodi Agribisnis

DOI:

https://doi.org/10.52850/jsea.v19i2.19136

Keywords:

Agrowisata, Analisis Tingkat Kepentingan, Tingkat Kepuasan Pengunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pengunjung, dan mengetahui fasilitas yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan oleh pengelola Agrowisata Cipta Rasa Slamet Riyadi di Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilaksanakan di Agrowisata Cipta Rasa Slamet Riyadi di jalan Pasir Panjang, Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau Kota palangka Raya. Metode yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian, meliputi metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil Penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengunjung, berada pada skor 77,01%, dan terdapat 7 atribut yang memiliki prestasi yang baik menurut pengunjung, namun terdapat 8 atribut yang masih perlu ditingkatkan oleh pengelola Agrowisata Cipta Rasa Slamet Riyadi. Pengunjung sudah merasa puas dengan pengelolaan agrowisata petik buah, karena fasilitas sudah tersedia dengan memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dien Y.T., Gene H.M.K., Grace A.J.R. 2024. Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Alam Batu Angus Kota Bitung. Agri-Sosio Ekonomi Unsrat. Sinta 5, Vol. 20 No. 2: 747-756.

Fachruddin, A. 2013. Analisis Proses Keputusan dan Kepuasan Pengunjung Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru Ciampea Bogor. [Skripsi]. Fak. Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor. Indonesia.

Febriano A. T. dan Winarto Y. (2024). Konsep Back to Nature Pada Perencanaan Visitor Center Di Lereng Gunung Wilis, Kabupaten Kediri. Jurnal SenTHONG. Vol 7 No 3; hal. 976-985.

Handayani. R & Sudarwati. W. 2022. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cv. Cahaya Elektronik Menggunakan Metode Service Performance. Jurnal Integrasi Sistem Industri. Volume 9 No 2:155-164.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2010. Wisata Agro Indonesia. Tersedia pada: http://database.deptan.go.id/agrowisata

Kumara Agus Ria. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Buku Ajar Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Kurniawan, I., Setiawan, B. & Choerunnisa, R.R. 2019. Analisis Kepuasan Bimbingan Teknis Analisis Jabatan dan Beban Kerja Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmu Administrasi 16 (2): 273-288.

Masganti, Khairil Anwar, Maulia Aries Susanti. 2017. Potensi dan Pemanfaatan Lahan Gambut Dangkal untuk Pertanian. Jurnal Sumberdaya Lahan Vol. 11 No. 1, Juli 2017; 43-52.

Norseta A. S. dan Rida R. 2018. Stabilisasi Tanah Gambut Palangka Raya Dengan Bahan Campuran Tanah Non Organik Dan Kapur. Media Ilmiah Teknik Sipil Vol. 6 No. 2. Hal. 124-131.

Prayudi, A. B., Dolorosa, E., & Dewi, K. 2018. Kepuasan pengunjung terhadap agrowisata di agribisnis aloe vera center. AGRIC, Vol 31(1): 221-229.

Rahman A., Betrixia B., Eka N. T. 2021.Persepsi Masyarakat Terhadap Obyek Agrowisata “Cipta Rasa” Kota Palangka Raya. J-SEA (Journal Socio Economics Agricultural) Vol. 16 No. 2, Agustus, 2021: 124-136.

Ruhimat, D. 2008. Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Salakory H.S.M., Matulessy F.S., Saragih Y.M.I. 2020. Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Produk Wisata dan Strategi Pengembangan DTW Telaga Wopersnondi Biak Timur. Jurnal Destinasi Pariwisata. Vol. 8 No 2, hal. 291-300.

Sembiring Y.Y.R., Sunarso, Roessali W. 2020. Analisis Kepuasan Konsumen Dan Strategi Pengembangan Agrowisata Kebun Buah Cepoko Di Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang.Agrisocionomics Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. 4(1): 1-13.

Sinnun Ahmad. 2017. Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI. Jurnal Informatika, Vol.4 No.1 April 2017, pp. 146-154.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sulaiman A. I., Bambang K., Endang D. S., Hikmah N., Fatmah S. D. 2017. Pengembangan Agrowisata Berbasis Ketahanan Pangan Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Di Desa Serang Purbalingga. The Messenger, Vol. 9, No. 1, Hal. 9-25.

Ulumudin M.I., Wijayanti I.K.E., Widjojoko T., Solekan M. 2024. Analisis Kepuasan Pengunjung di Agrowisata Lembah Asri Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Simpul Inovasi, Volume 1 Issue 1, Hal 10-24. Utama, I.G.B.R. (2015). Pengantar Industri Pariwisata. Deepublish.

World Economic Forum, 2019. The Travel&Tourism Competitiveness Report. Geneva, Switzerland: World Economic Forum.

Tampubolon S. L., Devis W.S.S., Mariana S. 2019. Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Atribut Wisata Menggunakan Metode Csi Dan Ipa Pada Wisata Pemandian Di Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 19 No.2, halaman 142-151.

Downloads

Published

01/20/2025

How to Cite

Tobing, A. B., Nopembereni, E. D., Pordamantra, P., Taufik, E. N., & Prajawahyudo, T. (2025). Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Agrowisata Cipta Rasa Slamet Riyadi Di Kota Palangka Raya. JOURNAL SOCIO ECONOMICS AGRICULTURAL, 19(2), 119–129. https://doi.org/10.52850/jsea.v19i2.19136