Rancang Bangun Aplikasi Presensi Menggunakan Algoritma Haversine (Studi Kasus Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah) Berbasis Android

Authors

  • Muhammad Fauzan Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Efrans Christian Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Putu Bagus A.A. Putra Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i1.13205

Keywords:

Presensi, Android, Haversine, Badan Kepegawaian Daerah

Abstract

 

 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak kuat pada peradaban saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengguna, khususnya pegawai/staff di perusahaan atau institusi tertentu yang masih menggunakan sistem presensi manual, dalam hal pelacakan kehadiran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuat aplikasi presensi pegawai berbasis android yang menggunakan teknologi perangkat lunak. 

Aplikasi presensi ini menyertakan Google Maps yang dikonfigurasi dengan batas akses, memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi mereka sendiri dan hanya dapat melakukan presensi jika berada dalam radius kehadiran yang ditentukan atau terlihat di Google Maps. Untuk menentukan radius kehadiran, digunakan algoritma Haversine yang memanfaatkan koordinat lintang dan bujur pada peta. Metode pengembangan waterfall digunakan dalam pengembangan aplikasi ini, yang melibatkan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. 

Dalam sistem yang dibangun, dapat dilakukan penyimpanan dan pencarian data presensi pegawai yang telah melakukan presensi maupun yang belum melakukan presensi. Dengan adanya aplikasi presensi pegawai berbasis android ini, diharapkan dapat membantu menciptakan sistem yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaan presensi pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Dari metode pengujian blackbox testing didapatkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik. Hasil dari pembuatan aplikasi presensi pegawai berbasis android ini adalah terciptanya sebuah sistem presensi yang lebih efektif dan efisien dalam melacak kehadiran pegawai. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan presensi secara online dengan menggunakan teknologi perangkat lunak dan lokasi GPS. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31