Aplikasi Web Based Learning sebagai Media Pembelajaran Listening Bahasa Inggris (Studi Kasus : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya)
DOI:
https://doi.org/10.47111/jointecoms.v5i1.19804Keywords:
Pembelajaran Berbasis Website, Listening, Bahasa InggrisAbstract
Berkembangnya teknologi membuat kehidupan manusia di berbagai aspek menjadi lebih mudah. Termasuk aspek pendidikan, dengan adanya teknologi membuat proses belajar mengajar dapat dilakukan secara daring dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Belajar dengan menggunakan website sebagai sarana atau lebih dikenal dengan web based learning menjadi media bagi orang-orang untuk dapat belajar darimana saja dan kapan saja sehingga belajar menjadi lebih fleksibel. Jarang ada web based learning yang mengutamakan fitur listening khususnya listening bahasa Inggris. Oleh karena kurangnya web based learning yang memiliki fitur listening khususnya bahasa Inggris, membuat peniliti hendak membuat sebuah web based learning yang berfokus pada fitur listening. Sehingga web based learning ini dapat menjadi media pembelajaran baru yang menarik dan dapat diakses kapan saja di mana saja.
Perancangan serta pembuatan web based learning yang berfokus pada listening bahasa inggris ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahap requirement, design, implementation, verification dan maintenance.
Hasilnya, web based learning ini dapat dirancang serta dibuat/diimplementasikan menjadi website yang bisa dioperasikan, sehingga website ini dapat menjadi sebuah media baru yang membuat belajar listening menjadi lebih fleksibel.