Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Harga Saham Dengan Nilai Tukar Rupiah Sebagai Variabel Intervening Pada Jakarta Islamic Index (JII) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Ayu Aizsa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya
  • Solikah Nurwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya
  • Luluk Tri Harinie Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52300/jmso.v1i1.2368

Keywords:

tingkat suku bunga, inflasi, nilai tukar rupiah, harga saham

Abstract

Tujuan – penelitian bertujuan untuk membuktikan pengaruh nilai tukar rupiah sebagai mediasi hubungan antara suku bungan dan inflasi terhadar harga saham.

Desain/Methodologi/Pendekatan -  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 13 perusahaan yang tergabung dalam kelompok Jakarta Islamic Index. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas dengan aplikasi smartPLS versi 3.

Temuan penelitian - Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham; 2) inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham; 3) nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham; 4) tingkat suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai tukar rupiah; 5) inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai tukar rupiah; 6) nilai tukar rupiah tidak memediasi tingkat suku bunga terhadap harga saham; dan 7) nilai tukar rupiah tidak memediasi inflasi terhadap harga saham.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-01

How to Cite

Aizsa, A. . ., Nurwati , S. ., & Harinie , L. T. . (2020). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Harga Saham Dengan Nilai Tukar Rupiah Sebagai Variabel Intervening Pada Jakarta Islamic Index (JII) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(1), 28–39. https://doi.org/10.52300/jmso.v1i1.2368

Most read articles by the same author(s)