Pengaruh pendapatan asli desa, dana desa, dan alokasi dana perimbangan desa terhadap belanja desa

Authors

  • Khojanah Hasan Universitas Widyagama Malang
  • Maria Erlinda Tanesab Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.52300/jmso.v2i3.3632

Keywords:

Pendapatan asli desa, dana desa, alokasi dana perimbangan desa, belanja desa

Abstract

Tujuan, - Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh pendapatan asli desa, dana desa dan alokasi dana perimbangan desa terhadap belanja desa pada desa di Kabupaten Sidoarjo.

Desain/Methodologi/Pendekatan - Menggunakan 78 Desa di Kabupaten Sidoarjo. Pengujian analisis data menggunakan SPSS dalam menentukan adanya pengaruh ataupun tidak pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen.

Temuan penelitian - Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Desa, Dana Desa, dan Aloksi Dana Perimbangan Desa di Desa-desa Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2019 berpengaruh positif terhadap Belanja Desa.

Orisinalitas/nilai - Hasil penelitian ini memiliki nilai tambah yang berkontribusi dalam memperkuat konsep pengaruh pendapatan asli desa, dana desa, dan alokasi dana perimbangan desa terhadap belanja desa, baik secara parsial maupun simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Hasan, K., & Tanesab , M. E. . (2022). Pengaruh pendapatan asli desa, dana desa, dan alokasi dana perimbangan desa terhadap belanja desa . Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 2(3). https://doi.org/10.52300/jmso.v2i3.3632