Apakah Female Directors Dapat Memoderasi Board Effectiveness Index dan Harga Saham Sektor Keuangan?

Authors

  • Ani Mahrita Universitas Palangka Raya
  • Nurina Saffanah Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52300/jmso.v3i2.5352

Keywords:

board effectiveness index, female directors, stewardship theory, harga saham

Abstract

Tujuan - Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh board effectiveness index terhadap harga saham sektor keuangan di Bursa Efek indonesia yang dimoderasi oleh female directors.

Desain/Methodologi/Pendekatan - Pengumpulan data menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 105 perusahaan periode 2019-2021. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang aktif melalukan perdagangan saham selama periode penelitian. Jenis data adalah data panel sehingga jumlah observasi adalah sebanyak 252. Analisis data menggunakan Analisis Regersi Sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan program SPSS.

Temuan - Board effectiveness index mendukung stewardship theory bahwa tujuan dewan perusahaan sejalan dengan keinginan para pemegang saham yaitu untuk memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham dengan meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan female directors justru mendukung teori glass ceiling bahwa keberadaan wanita dalam dewan direksi akan menurunkan harga saham meskipun board effectiveness index mampu meningkat harga saham sektor keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-10

How to Cite

Mahrita, A., & Saffanah, N. (2022). Apakah Female Directors Dapat Memoderasi Board Effectiveness Index dan Harga Saham Sektor Keuangan? . Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 3(2), 132–141. https://doi.org/10.52300/jmso.v3i2.5352