TEKNIK TIME TOKEN: ALTERNATIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT

Penulis

  • Romiaty Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Palangka Raya
  • Richard Bryan Tiovanno Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10879

Kata Kunci:

Teknik time token; kemampuan menyampaikan pendapat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik Time Token dalam  meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat pada siswa. Ruang lingkup penelitian hanya pada siswa kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya yang berjumlah 10 siswa. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan jenis penelitian one group pretest-posttest design. Alat pengumpul data utama adalah kuesioner, dan alat pengumpul data pendukung berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kuesioner disusun berdasarkan indikator yaitu kemampuan dalam bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, dan menjelaskan ide. Uji analisis data penelitian menggunakan Uji paired T-test  untuk melihat peningkatan kemampuan menyampaikan pendapat pada siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik Time Token. Berdasarkan hasil pretest dan post test terdapat peningkatan pada setiap indikator. Indikator kemampuan dalam bertanya terdapat peningkatan sebanyak 57, indikator Kemampuan dalam menjawab pertanyaan mengalami peningkatan sebanyak 41,  indikator Kemampuan dalam menyampaikan pendapat mengalami peningkatan sebanyak 48, dan indikator Kemampuan dalam menjelaskan ide mengalami peningkatan sebanyak 55. Hasil yang didapat bahwa tingkat signifikansi adalah 0,05, sehingga kriteria keputusannya adalah jika t_(hitung)> t_(tabel), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji t menunjukkan bahwa t_(hitung)= 13.622, sementara t dari 10 sampel dengan tingkat signifikansi 0,05 = t_(tabel) (2,262). Dengan demikian, t_(hitung)> t_(tabel). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu teknik Time Token dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anastasya, Manggas. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Time Token Bagi Siswa Kelas IV SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo. Jurnal UNG.

Asnita dan Ummul Khair. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia. Vol 3 No 1.

Chrisanto, K., Safrina, R., & Hardiarini, C. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Story Telling Dan Model Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Sumbersekar 1 Malang. University Muhammadiyah Malang, 2, 54–64.

Hartini, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Karikatur di Kelas V SD Inpres 004 Tikke. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 4. 1(4), 139–153.

Latifah, Sri. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time token Berbantu Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al Biruni. Vol 4 No.1.

Malik, A. (2019). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168–173. https://doi.org/10.14710/interaksi,3,2,168-173

Meliani. (2018). Pengaruh Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2014-2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhasanah dan Romiaty. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar siswa Kelas X MIPA V Pada Masa Pandemi di MAN Kota Palangka Raya. Konseling Edukasi Journal Of Guidance And Counseling. Vol 5 No.2(2021). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Konseling_Edukasi/article/view/10789/pdf

Oktaviani, Y. (2015). Yusni Oktaviani, 2015 Pengaruh Pola Asuh Single Parent Terhadap Perilaku Seks Pranikah Remaja Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. Jurnal Sosiologi, 55–81.

Prafitri, T. A. (2019). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. 8(1).

Pratikasari, M. (2018). Melalui Penerapan Tekhnik Brainstorming Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 8 Kota Jambi Melin Pratikasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Jambi.

Purwati, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

Romidyatun. (2014). Kemampuan Mengutarakan Pendapat. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol. 1.

Sarkiah. (2016). Efektivitas Strategi Modeling Partisipan terhadap Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa MTs Raudhatusysyubban Kabupaten Banjar. In Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin (pp. 2013–2015).

Sembiring, AB dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu. Vol 5 No 5.

Sesaria, M. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dalam Model Pembelajaran Time Token. University Muhammadiyah Malang, 2004, 6–25.

Son, RSS. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 9 No 3.

Tarbiyah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Time Token Arends Di Kelas IVa MIN 3 ACEH BESAR. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Theressa, FM., Romiaty dan Nopi Feronika.(2021). Bimbingan Kelompok Menggunakan Film Pendek Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Peran Guru BK. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol 13 No 1(2021). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/2811

Wahyuning, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Pendapatmenggunakan Teknik Assertive Training Siswa Kelas XIISMA. Alibkin Unila, 4, 1–21.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Romiaty, & Bryan Tiovanno , R. . (2023). TEKNIK TIME TOKEN: ALTERNATIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT. Jurnal Paris Langkis, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10879