PEMBUATAN KISI-KISI INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN

Penulis

  • Ayang Aji Putra
  • Fauzul Adzim UIN Banten
  • Fitri Hilmiyati UIN Banten

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.17465

Kata Kunci:

Kisi-kisi, Instrumen, Evaluasi pembelajaran

Abstrak

Kisi-kisi adalah format pemetaan soal yang menggambarkan distribusi item untuk berbagai topik atau pokok pembahasan berdasarkan jenjang kemampuan tertentu. Fungsi kisi-kisi adalah sebagai pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi perangkat tes.  Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Penulisan kisi-kisi soal adalah kerangka dasar yang dipergunakan untuk penyusunan soal dalam evaluasi proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan kisi kisi soal ini, maka seorang guru dengan mudah dapat menyusun soal-soal evaluasi untuk peserta didiknya. Kisi-kisi soal inilah yang memberikan batasan guru dalam menyusun soal evaluasi.  Selanjutnya adalah instumen yang merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan, pengetahuan, sikap, atau aspek lain dari hasil belajar para peserta didik, baik berupa tes, penugasan, quiz, atau alat lainnya. Sedangkan evaluasi pembelajaran adalah kegiatan mengumpulkan data dan informasi tentang kemampuan belajar peserta didik, untuk menilai sejauh mana program pembelajaran telah berjalan, dan juga sebagai alat untuk menentukan apakah pendidikan tujuan dan proses pembelajaran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan telah berlangsung sebagaimana adanya.

Kata Kunci: Kisi-kisi, Instrumen, Evaluasi pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-faruq, Zikri. “Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Ilma Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 158–71. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587.

Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Penilaian Tes Tertulis Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, 2019

Kunandar, Penilaian Autentik: Penilaian hasil belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013. Suatu Pendekatan Prakris, Depok:RajaGrafindo Persada, 2015

Nurhidayanti. “Analisis Kemampuan Guru Dalam Menyusun Instrumen Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di SDN Limbung Putera Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.” Eprints Universitas Negeri Makassar, no. iii (2019).

Parni, Parni. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyusun Kisi-Kisi Penilaian Melalui in House Training.” Teacher in Educational Research 2, no. 1 (2020): 22. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.61.

Phafiandita, Adisna Nadia, Ayu Permadani, Alsa Sukma Pradani, and M. Iqbal Wahyudi. “Urgensi Evaluasi Pembelajaran Di Kelas.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 3, no. 2 (2022): 111–21. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262.

Rukajat, Ajat. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: DeePublish, 2018.

Safari. EVALUASI PENDIDIKAN : Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan dan Analisis Soal Berdasarkan Kurikulum 2013 Menuju Penilaian Abad 21. Jakarta : Esensi Erlangga Group.2019

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: alfabeta, 2010.

Syofyan, Harlinda. “Penyuluhan Dan Pelatihan Pendidikan Tentang Pembuatan Kisi-Kisi Soal Untuk Guru-Guru d Yayasan Perguruan Birrul Waalidain Semplak Bogor.” Jurnal Abdimas 3, no. 1 (2016): 12–17.

Wisman, Yossita, Effrata Effrata, and Tutesa Tutesa. “Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 12, no. 1 (2021): 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Ayang Aji Putra, Fauzul Adzim, & Fitri Hilmiyati. (2024). PEMBUATAN KISI-KISI INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 297–308. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.17465