SYUKUR SEBAGAI PONDASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN ISLAM (STUDI AL-QURA’N SURAT AL-KAUTSAR)

Penulis

  • Chandra Nuruliana UIN Sultan Maulana Haanuddin Banten
  • Siti Rohati UIN Sultan Maulana Haanuddin Banten
  • Ayang Aji Putra UIN Sultan Maulana Haanuddin Banten
  • Encep Syarifudin UIN Sultan Maulana Haanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.19198

Kata Kunci:

Syukur; Nilai-nilai Pendidikan Islam; Surat Al-Kautsar

Abstrak

Masalah yang melatarbelakangi artikel ini pada realitanya, tidak sedikit diantara kita yang masih mementingkan egoisnya karena tidak menyadari betapa banyak anugrah yang Allah SWT berikan mulai dari membuka mata di pagi yang buta, sampai dengan menutup mata digelapnya malam. Implimentasi Al-Qur’an sangatlah penting dalam membentuk pondasi nilai-nilai terutama dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini adalah pendidikan Islam. Tujuan adanya pendidikan Islam adalah supaya menanamkan dan menumbuhkan keimanan, ketaqwaan, akhlakul karimah dan ibadah amaliyah.  Metode penelitian yang digunakan pada kajian ini adalah study pustaka. Hasil temuan dari artikel ini bahwa di dalam al-Qur’an tertulis tentang betapa pentingnya memiliki rasa syukur karena rasa syukur merupakan bentuk terima kasih tiada tara kepada Sang Khaliq atas semua yang telah Allah berikan, hubungannya dengan surat Al-Kautsar adalah pentingnya menumbuhkan akhalaq mulia, yaitu dengan meningkatkan rasa syukur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Zacky El Syafa, “nikmatnya ibadah”, Genta Group Productation, 2018.

Ahsanatul Khulailah,”Konsep Syukurdalam Al-qur’an dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam, Islamic Learning Juornal Vol.1 No. 3 (2023).

Al-Qur’an Al-Karim (surat Al-Kausar).

Al-Qur’an Al-Karim (surat Ibrahim ayat 14)

At-Tadzir; Metode Menghafal Juz A’mma, Genta Hidayat; 2020.

Nurhuda, A., & Aini Setyaningtyas, N. (2021). Nilai-Nilai Edukatif Dalam Surat Al Kautsar Beserta Implikasinya dalam Kehidupan (Tela’ah Tafsir Al Qurthubi). Social Science Studies, 1(3), 162–176. https://doi.org/10.47153/sss13.2332021

Romlah, R., & Sanuri, S. (2024). Motivasi Pembelajaran Pada Surat Al-Kaustar. Jurnal Pendidikan Educandum, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.55656/jpe.v3i2.30

Saefulloh, A. (2018). Peran Pendidik Dalam Penerapan Internet Sehat Menurut Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 119. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2709

Saefulloh, A. F. S. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Tinggi Sebagai Penggiat Anti Napza Berbasis Pada Pembangunan Berteraskan Islam di Kota Palangka Raya. Ri’âyatu Al-Qur’an Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 331–358. https://drive.google.com/file/d/1boY7yCK9RwKK8YpVwoxJ9K174WyruimD/view?usp=drivesdk

Saefulloh, A., Tardimanto, Y., & Irfan, A. (2020). Pendidikan Anti Narkotika melalui Bimbingan Agama terhadap Mahasiswa di Universitas Palangkaraya. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(4), 339–352. https://doi.org/10.15575/IRSYAD.V8I4.2197

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif, 5(January).

Unduhan

Diterbitkan

25-01-2025

Cara Mengutip

Nuruliana, C., Rohati, S., Aji Putra, A., & Syarifudin, E. (2025). SYUKUR SEBAGAI PONDASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN ISLAM (STUDI AL-QURA’N SURAT AL-KAUTSAR). Jurnal Paris Langkis, 5(1), 367–376. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.19198
Abstrak viewed = 0 times