PENERAPAN KEGIATAN MERONCE BERBAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS HENDEA KABUPATEN BUTON SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.19691Kata Kunci:
Motorik halus; Meronce; Bahan AlamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan meronce berbahan alam pada anak kelompok B di TK Tunas Hendea. Penulis melihat adanya permasalahan pada metode pembelajaran yang masih bersifat tradisional. Jenis penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 10 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan meronce. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi yang berupa foto. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila keterampilan motorik halus anak telah mencapai 75% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce berbahan alam pada anak kelompok B di TK Tunas Hendea. Hasil observasi yang dilakukan pada saat pra tindakan mencapai 36%, pada siklus I mencapai 50%, dan pada siklus II mencapai 82%. Hal tersebut sudah mencapai kriteria keberhasilan penelitian sebesar 75% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Unduhan
Referensi
Adhani, A. K., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok A melalui Media Sentra Bahan Alam di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5266–5274.
Azizah, E. N. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Kolase Bahan Alam pada Anak Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 54 Ngawi. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 11–24.
Dahlani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 208–218.
Hera, A. J., & Latief, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Tk Islam Nurussalam Kabupaten Maros. Tematik, 6(2), 99–104.
Jannah, W. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce bentuk dan warna pada kelompok b tk pertiwi selong. BINTANG, 1(3), 232–254.
Kurniawati, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Berbasis Bahan Alam Pada Kelompok B1 Di Tk Aba Al Hikmah Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Kuswanto, C. W., Marsya, D., Jatmiko, A., & Pratiwi, D. D. (2021). Kegiatan meronce untuk perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 57–68.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.
Neneng, N., Haryono, M., & Sari, R. P. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Journal Of Dehasen Educational Review, 3(3), 77–82.
Nuraya, N., Nurhasanah, N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengembangan Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Mekar Sari Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2630–2638.
Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–57.
Putri, S., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 130–141.
Sunarsih, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Meronce Dengan Buah Buahan Anak Kelompok B. Ri’ayatulathfal: Early Childhood Education Journal, 1(1), 49–54.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Taib, B., Arfa, U., & Hasbin, H. (2021). Analisis Kegiatan Meronce Menggunakan Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(1), 77–89.
Ummah, I. K. (2021). Pengaruh Bdr (Belajar Dari Rumah) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Dalam Kegiatan Meronce Dengan Bahan Alam Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kb Al Wahyu Rungkut Menanggal.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351–358.
Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Meronce Dengan Media Bahan Alam Di Kelompok B Tk Dharma Wanita Tanjungsari Kecamatan Jogorogo. Jurnal Golden Age, 7(1).
Yuliana, S., Ramli, S. A., & Hajeni, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Pkk To’lemo Kabupaten Luwu. Tematik, 6(2), 76–87.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Erwinda, Hartati, Rachman Saleh

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.