PENGARUH PEMBELAJARAN ISI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PEMBENTUKAN MORALITAS SISWA KRISTEN DI SMAN 3 PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.8136Kata Kunci:
Kata Kunci: Pembelajaran isi PAK, Moralitas, Siswa-SiswiAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah mengenai moralitas siswa siswi yang dinilai belum maksimal seperti yang diharapkan. Aspek-aspek itu antara lain masalah tata krama, sikap sopan santun, tanggung jawab dan terkadang muncul perilaku yang merugikan diri sendiri. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan meningkatkan pembelajaran isi pendidikan Agama Kristen yang lebih baik. Itu sebabnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran isi Pendidikan Agama Kristen dalam pembentukan moralitas siswa siswi Kristen di SMA Negeri 3 Palangka Raya.
Metode yang tepat dalam memecahkan masalah ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Palangka Raya. Populasi adalah siswa-siswi kelas 11 yaitu kelas XI MIPA 1,2,3,4,5 dan XI IPS 1,2 yang berjumlah 120. Penjaringan data menggunakan angket (google formulir) dengan skal likert 1 – 4. Selanjutnya data ditabulasi dan diolah menggunakan program sotfwere SPSS 20.1
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) kecenderungan pembelajaran isi PAK cukup baik secara signifikan pada α< 0.05; 2) kecenderungan moralitas siswa siswi sangat baik secara signifikan pada α< 0.05; 3) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara pembelajaran isi PAK dan moralitas siswa siswi sebesar 17.5%; indikator ajaran tentang Roh Kudus (X2) memberikan sumbangan paling besar kepada peningkatan moralitas siswa siswi yaitu 20.2 %; 4) membelajaran isi PAK diitinjau dari latar belakang jenis kelamin ditemukan tidak ada perbedaan; 5) moralitas ditinjau dari latar belakang jenis kelamin ditemukan ada perbedaan dimana sikap moralitas siswi lebih tinggi dibanding dengan sikap moralitas siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran isi PAK, Moralitas, Siswa-Siswi
Unduhan
Referensi
Djadijono, M., Made, I, Leo, Wiratma dan A, T, Legowo. Membangun Indonesia
dari Daerah, Yogyakarta : Percetakan Kanisius, 2006
P, Robert, Borrong, Etika Seksual Kontemporer, Bandung : Ink Media, 2006.
M, John, Nainggolan, Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Kristiani, 9.
Milton Rokeach. “A Theory Of Organization and Change” dalam buku Model-Model
Penilaian Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA.
(Bandung: Bina Media Informasi, 2005), 58.
Jansen Belandina Non-Serrano, Profesionalisme Guru & Bingkai Materi Pendidikan
Agama Kristen SD, SMP, SMA (Bandung : Bina Media Informasi, 2005), 25.
Enggar Saraswati, Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Mata
Pelajaran Matematika Kelas Iii Semester 2 Materi Sudut Dan Pecahan Di Sd
Negeri Se-Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman,Kabupaten Sleman, ( UNY :
, 4
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2011), 3.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Suryadi Suryadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.