Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling

Penulis

  • Emasari Wulandari Universitas Riau Kepulauan
  • Adiningtiyas Universitas Riau Kepulauan

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i2.10953

Kata Kunci:

peran guru kelas, pelaksanaan bimbingan dan konseling

Abstrak

Bimbingan konseling diberikan dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses perkembangan usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam melaksanakan bimbingan konseling bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir di SD Negeri 024 Galang, Kota Batam. Penelitian menggunakan metode penelitian deksriptif dengan pendekatan studi.kasus yang menggambakan pelaksanaan bimbingan konseling pada subjek penelitian guru kelas I – VI. Data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta diuji menggunakan trianggulasi sumber dengan menggunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman yang pada akhirnya diperoleh gambaran tentang peran guru kelas dalam melaksanakn bimbingan konseling di sekolah yang diteliti. Hasil penelitian menerangkan bahwa guru kelas tidak melakukan perencanaan khusus secara tertulis namun langsung memberikan layanan bimbingan saat pembelajaran berlangsung ataupun pada kondisional tertentu. Layanan bimbingan dilakukan pada bidang pribadi, sosial, belajar dan karir. Bimbingan bidang karir dilaksanakan hanya pada kelas tinggi (IV – VI) sedangkan kelas rendah tidak dilaksanakan karena belum adanya pembahasan materi cita-cita atau pekerjaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andany, S. R. A. (2020). Upaya Guru Dalam Mengatasi Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Asari, A., Anam, A. C., Litamahuputty, J. V., Dewadi, F. M., Prihastuty, D. R., Syukrilla, W. A., Murni, N. S., & Sukwika, T. (2023). Pengantar Statistika. Mafy Media Literasi Indonesia.

Elvera, S. E., & Yesita Astarina, S. E. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Andi.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Diakses Dari Http://Sdm. Data. Kemdikbud. Go. Id/SNP/Dokumen/Kur/Permen% 20Nomor, 2, 62.

Ngalimun, N., & Ihsan Mz, I. M. (2020). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiah. Litera.

Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69–78.

Nursalim, M. (2013). Strategi dan intervensi konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Oktorima, O. (2017). Penilaian Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Inklusif SD N 01 Limau Manis (Penelitian Studi Kasus). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3).

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Wulandari, E., & Adiningtiyas, S. W. (2023). Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 3(2), 25–31. https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i2.10953