Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Mengurangi Inferiority Siswa

Penulis

  • Audrey Enggarini Pawestry IKIP-PGRI Pontianak
  • Eli Trisnowati IKIP-PGRI Pontianak
  • Riki Maulana IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12625

Kata Kunci:

inferiority, Bimbingan dan Konseling, teknik modeling

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi Inferiority siswa dengan diberikan layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Modeling. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (Mixed Methods) dan subyek penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang yang berjumlah 7 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan skala psikologis Inferiority. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil   analisis   data yang telah di persentase diperoleh bahwa inferiority pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 1 Ketapang sebelum mendapatkan layanan  bimbingan  kelompok  dengan teknik modeling dengan persentase 80% termasuk dalam kategori “tinggi” dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling diperoleh persentase 58% dengan kategori “sedang”. Dapat dilihat bahwa terjadinya penurunan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling artinya inferiority pada siswa dapat diturunkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas viii b smp negeri 07 bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 1–10.

Hully, M. T. (2021). Perkembanagan Jiwa Beragama Pada Anak, Remaja dan Orang Dewasa. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 11–30.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Wasono, M. P. J. (2019). Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Zaini, M. (2019). Asuhan keperawatan jiwa masalah psikososial di pelayanan klinis dan komunitas. Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2024

Cara Mengutip

Enggarini Pawestry, A., Trisnowati, E., & Maulana, R. (2024). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Mengurangi Inferiority Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12625