Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Mengurangi Inferiority Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12625Kata Kunci:
inferiority, Bimbingan dan Konseling, teknik modelingAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi Inferiority siswa dengan diberikan layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Modeling. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (Mixed Methods) dan subyek penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang yang berjumlah 7 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan skala psikologis Inferiority. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil analisis data yang telah di persentase diperoleh bahwa inferiority pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 1 Ketapang sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling dengan persentase 80% termasuk dalam kategori “tinggi” dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling diperoleh persentase 58% dengan kategori “sedang”. Dapat dilihat bahwa terjadinya penurunan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling artinya inferiority pada siswa dapat diturunkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling.
Unduhan
Referensi
Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas viii b smp negeri 07 bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 1–10.
Hully, M. T. (2021). Perkembanagan Jiwa Beragama Pada Anak, Remaja dan Orang Dewasa. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 11–30.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).
Wasono, M. P. J. (2019). Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Zaini, M. (2019). Asuhan keperawatan jiwa masalah psikososial di pelayanan klinis dan komunitas. Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Audrey audrey, Eli Trisnowati, riki maulina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.