Peran BK Dalam Meningkatkan Gaya Belajar Siswa

Penulis

  • Dedearisti Aristi IKIP-PGRI Pontianak
  • Novi Wahyu Hidayati IKIP-PGRI Pontianak
  • Hendra Sulistiawan IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12633

Kata Kunci:

Gaya Belajar siswa, Peran guru BK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar pada siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semparuk Kabupaten Sambas, Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan datanya yaitu, paduan wawancara, skala psikologis dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semparuk Kabupaten Sambas dengan jumlah populasi 167 orang siswa dengan sampel penelitian adalah 40 orang siswa. Dari data yang telah terkumpul lalu di susun dan di gambarkan secara objektif dalam bentuk narasi, maka memperoleh persentase rata-rata 68,25% dengan kategori “Baik” hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semparuk Kabupaten Sambas sudah baik. Berdasarkan hasil data diatas guru bimbingan dan konseling memberikan upaya untuk meningkatkan gaya belajar siswa meliputi pemberian layanan informasi, bimbingan kelompok dan konseling individual telah cukup baik di laksanakan oleh guru pembimbing dan konseling di SMAN 1 Semparuk Kabupaten Sambas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184.

Gufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-Teori Psikologi, yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamsar. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Ipa Madrasah. Core.Ac.Uk.

Hanafy, M. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id, 17(1), 66–79. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/516

Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok. Duta Sablon.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63.

Putri, W. O. N., Rusnayati, H., & Purwana, U. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 108–114.

Sujiyono, B. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 3(2), 214–221.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2024

Cara Mengutip

Aristi, D., Wahyu Hidayati, N., & Sulistiawan, H. (2024). Peran BK Dalam Meningkatkan Gaya Belajar Siswa . Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12633