Pengembangan Modul Resiliensi Untuk Mahasiswa Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.14745Kata Kunci:
modul, resiliensi, mahasiswa generasi ZAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk modul resiliensi mahasiswa generasi Z yang praktis dan layak digunakan untuk memberikan informasi mengenai resiliensi kepada mahasiswa serta mengetahui kelayakan modul resiliensi dari respon mahasiswa Generasi Z Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini dimodifikasi menjadi 5 tahapan yakni: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, validasi produk awal, dan revisi produk. Penelitian ini dinilai oleh tiga validator ahli yaitu validator ahli materi, validator ahli media, dan dinilai oleh validator pengguna yakni mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan sebuah buku modul yang berjudul “Modul Resiliensi Mahasiswa Gen-Z”. Hasil penilaian dari masing-masing validator yaitu validator ahli materi sebesar 90% (sangat layak), validator ahli media pertama sebesar 96,77% (sangat layak), validator ahli media kedua sebesar 89,51% (sangat layak), dan validator pengguna yaitu mahasiswa sebesar 90% (sangat layak). Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa buku modul resiliensi Gen-Z dikategorikan sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 91%. Buku modul resiliensi mahasiswa Gen-Z diharapkan dapat diujicobakan lebih lanjut oleh peneliti selanjutnya agar dapat digunakan secara efektif, serta penelitian ini diharapkan dapat diimplementasikan juga di universitas lain.
Unduhan
Referensi
Dewinda, H. R., Fitria, L., & Wijaya, I. (2024). Peningkatan resiliensi pada siswa korban bullying melalui pelatihan dengan menggunakan modul resiliensi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(1), 95–102.
Fernando, F. (2022). Manfaat Spiritualitas Terhadap Resiliensi Pada Saat Pandemi. QALAM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Kasali, R. (2017). Strawberry Generation; Mengubah Generasi Rapuh Menjadi Generasi Tangguh.
Kurniawan, A. (2024). Peran Person-Organization Fit dan Pemberdayaan Psikologis terhadap Totalitas Kerja generasi Z yang bekerja di Jakarta Selatan melalui variabel moderator Keseimbangan Kerja dan Hidup. Syntax Idea, 6(5), 2016–2028.
Mirza, R., Hutagalung, M. U., Silalahi, L., Petrisely, W., Elvinawanty, R., & Hafni, M. (2024). Resiliensi Ditinjau Dari Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Perantauan. Jurnal Diversita, 10(1), 143–155.
Nurwendah, R., & Kaloeti, D. V. S. (2023). Penyusunan Modul Pelatihan Gratitude Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Warga Binaan Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Iia Semarang. Jurnal Empati, 12(3), 220–225.
Pautina, A. R., Usman, I., & Pautina, M. R. (2022). Resiliensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogika, 16–23.
Purwanti, W., & Aulia, L. A.-A. (2017). Perbedaan resiliensi antara remaja yang hidup dalam keluarga lengkap, keluarga single parent, dan remaja yang hidup di panti asuhan. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 4(2), 62–70.
Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.
Simorangkir, J., Lubis, B., Nababan, M. L., Simamora, M. R., & Agustina, W. (2020). Penguatan Resiliensi Remaja Bermasalah melalui Pengembangan Materi Modul Bimbingan dan Konseling. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 96–103.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Wahidah, E. Y. (2020). Resiliensi perspektif al Quran. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 105–120.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Diana Karunia Sari, Dendy Setyadi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.