Pengaruh Self-Concept Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Fase F
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.15343Kata Kunci:
Konsep diri, Kepercayaan diri, Siswa fase FAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri (self-concept) dan kepercayaan diri peserta didik, serta menguji pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri peserta didik di kelas fase F SMA Negeri 1 V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional dengan total sampling pada populasi sebanyak 84 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep diri peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,57%. 2) Kepercayaan diri peserta didik juga berada pada kategori tinggi dengan persentase 52,38%, namun pada beberapa indikator seperti optimis, tanggung jawab, rasional, dan realistis, terdapat nilai yang lebih rendah. 3) Terdapat pengaruh signifikan konsep diri terhadap kepercayaan diri peserta didik sebesar 57%, menunjukkan bahwa konsep diri yang lebih positif dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi terbentuknya konsep diri positif atau rendahnya kepercayaan diri pada aspek-aspek tertentu. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tersebut demi pengembangan intervensi yang lebih efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.
Unduhan
Referensi
Asri, D. N. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja ( Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun ). 6(1), 1–11.
Fatmawati, A. S. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri pada Siswa SMA. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Semarang.
Partini, S. &. (2015). Sense Of Humor Sebagai Langkah Meningkatkan Kepercayaan Diri Guru PPL Dalam Proses Belajar Mengajar. 13(1), 92–101.
Pratiwi, D. S. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas X Man 2 Model Medan. Universitas Medan Area.
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Sma Kelas X. 5, 59–72.
Sitepu, D. L., Opod, H., Pali, C., Skripsi, K., Kedokteran, F., Sam, U., Manado, R., Psikologi, B., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2016). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Obesitas Pada Siswa Sma Negeri 1 Manado. 4.
Syam, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare ). 5, 87–102.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Umamy, T., Retnaningdyastuti, M., & Dian, P. (2023). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Pasca Pandemi Di Smp Negeri 42 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 110–116.
Zulfadianti, S., Sinring, A., & Saman, A. (N.D.). Konsep Diri Negatif Dan Penanganannya ( Studi Kasus Dua Orang Siswa Di Sma Negeri 2 Bone ) Negative Self-Concept And Its Handling ( A Case Study Of Two Student At Sma Negeri 2 Bone ). 2, 1–17.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Elza Fahira Salim, Rila Rahma Mulyani, Rahmawati Wae
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.